Sukses

Kehadiran Suzuki Burgman Street di Indonesia Masih Misteri

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri masih belum membocorkan kehadiran Suzuki Burgman Street. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Pasar skuter matik (skutik) masih jadi primadona di Tanah Air. Meskipun masih dikuasai kelas skutik bawah, untuk segmen premium juga tidak kalah menarik, dengan dua penguasa saat ini, Yamaha NMax dan Honda PCX 150.

Bahkan, kelas skutik di atas Rp 25 jutaan ini kabarnya bakal kehadiran pemain baru. Ya, motor yang selanjutnya digadang-gadang bakal bersaing dengan model penguasa saat ini adalah Suzuki Burgman Street.

Namun, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri masih belum membocorkan kehadiran Suzuki Burgman Street. Pabrikan asal Jepang ini, terlihat masih berhati-hati jika berbicara soal skutik premiumnya tersebut.

"Banyak hal, dalam artian banyak hal itu kami tidak mau mengeluarkan sesuatu (sepeda motor) yang mengecewakan. Model yang kita keluarkan, harus sesuai dengan jiwa Suzuki," jelas Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Departement Head PT SIS, saat ditanya wartawan terkait lamanya waktu peluncuran skutik premiumnya, Kamis (6/7).

Lanjut Yohan, jika pihaknya hanya mengeluarkan model karena ikut-ikutan pasar bakal dianggap percuma. Tidak hanya itu, jika model yang dikeluarkan dianggap mengecewakan, dan otomatis tidak diterima pecinta roda dua Tanah Air bakal menjadi bumerang bagi pabrikan berlambang huruf 'S' tersebut.

"Tapi tetap kami persiapkan semuanya, semua model (segmen) juga. Jadi, skutik premium (Suzuki Brugman Street) tidak tahun ini? Ya liat waktulah nanti," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk diketahui, Suzuki Burgman Street bakal diluncurkan di India pada 19 Juli 2018. Di pasar global, Suzuki Burgman ditawarkan dalam berbagai varian mesin, mulai 125cc hingga 600cc. Tapi, khusus Suzuki Burgman Street hanya akan dibekali mesin 125 cc tanpa kehilangan aura maxi-skuternya.

Tampilannya kental dengan skutik Eropa yang agresif, gambot dan spoty. Kesan skuter touring juga muncul dengan penggunaan windshield di atas lampu utama LED.

Selain itu, jok dan ruang dek kaki Suzuki Burgman Street cukup luas guna menambah kenyamanan berkendara. Bagian buritan dibekali LED tail-lamp dan bodi yang cenderung meruncing.

Fitur yang disematkan pun terbilang up-to-date. Suzuki Burgman Street dibekali instrumen panel full-digital, bagasi luas, power-port, dan knalpot sporty seperti milik Suzuki Gixxer 150.

Di sektor dapur pacu, Suzuki menyematkan mesin 1 silinder SOHC yang berkapasitas 124,3 cc. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 8,5 Tk dengan torsi 10,2 Nm.

Diprediksi, harga jual Suzuki Burgman Street akan berada di kisaran 67 hingga 70 ribu Rupee atau setara Rp14 jutaan namun tak lebih dari Rp15 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini