Sukses

Pengemudi Harus Tahu Ini supaya Mobilnya Irit Bensin

Mobil-mobil keluaran terbaru telah dilengkapi teknologi terkini yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil keluaran terbaru telah dilengkapi teknologi terkini yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Meski begitu, gaya berkendara si pengemudi tetap menjadi kunci irit tidaknya sebuah kendaraan.

Adapun cara berkendara yang baik agar mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien menurut Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, adalah dengan menjaga putaran mesin tetap stabil.

Ketika berkendara, sebaiknya tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam. Itu karena akan tercipta sebuah momentum di mana mobil akan mendapatkan cukup tenaga untuk bergerak ke depan.

Jika momentum ini terus dipertahankan, mobil akan berjalan secara efisien tanpa perlu menghasilkan tenaga lebih besar.

"Tidak perlu menekan pedal gas sampai putaran di atas 3.500 rpm. Cukup di angka 2.000 - 3.000 rpm, tingkat efisiensinya dapat terjaga," jelas Harold di Bali beberapa waktu lalu.

Kondisi jalan juga perlu diperhatikan. Menurunkan gigi transmisi perlu dilakukan ketika melewati jalan menanjak.

Selain agar mobil dapat kuat menanjak, menurunkan gigi transmisi juga membuat konsumsi bahan bakar tetap efisien.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini