Sukses

Naik Proton, Jokowi Pernah Diajak Ngebut Mahathir Mohamad

Saat itu, Jokowi sempat mencoba mobil Proton, disopiri dan diajak ngebut oleh Mahathir Mohamad.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad tengah berkunjung ke Indonesia. Dalam kunjungannya ke Tanah Air, pria yang hobi mengendarai mobil sendiri ini melakukan berbagai kegiatan, dan didampingi langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi).

Di sela-sela pertemuan kedua pemimpin serumpun ini, Jokowi sempat bercerita pengalaman menariknya saat mengunjungi Malaysia pada 2015. Saat itu, Jokowi sempat mencoba mobil Proton, disopiri dan diajak ngebut oleh Mahathir Mohamad.

"Diajak oleh Bapak Tun Mahathir untuk test drive mobil Proton disetiri sendiri oleh Bapak Tun Mahathir dengan kecepatan 180 km per jam, sangat cepat sekali," kata Jokowi sambil tertawa mengenang hal tersebut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018).

Walaupun dibawa dengan kecepatan 180 km/jam Jokowi tidak takut. Dia juga tidak meragukan kelihaian Mahathir mengendarai mobil parbikan Malaysia tersebut.

"Kalau driver-nya bukan beliau, kira-kira saya takut," papar Jokowi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tidak hanya Jokowi yang ingat dengan kenangan itu. Mahathir yang berada di sebelah Jokowi mengaku takut ketika membawa Jokowi.

Pasalnya, kata dia, ketika itu dia bukan menjabat menjadi perdana menteri.

"Saya merasa takut bila menyetiri Presiden karena saat itu saya bukan Perdana Menteri. Saya jadi test driver, jadi lakukan saja. Kita gunakan test track, dan berbelok-belok," kata Mahathir sambil tersenyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.