Sukses

Luncurkan Aplikasi Parkir Online, Malaysia Terapkan Smart Selangor Parking

Pembayaran tiket parkir lewat aplikasi smartphone akan akan diberlakukan pada 2019 di Malaysia.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Malaysia telah meluncurkan aplikasi Sistem 'Smart Selangor Parking' (SSP). Penggunanya bisa melakukan pembayaran parkir secara online, tanpa menggunakan karcis parkir lagi.

Sistem ini rencananya akan diimplementasikan pada tahun 2019 mendatang di 12 otoritas lokal.

Dilansir Paultan, Direktur Smart Selangor Delivery Unit (SSDU), Fahmi Ngah mengatakan, sebagai permulaan, SSP akan dipasang di lima otoritas lokal, yaitu Dewan Kota Shah Alam (MBSA), Ampang Dewan Kota Jaya (MPAJ), Dewan Kota Sepang (MPSp), Dewan Kota Kajang (MPKj) dan Dewan Kota Selayang (MPS) mulai 1 Juli 2018.

Menurutnya, sistem ini menyederhanakan proses membayar biaya parkir dan menghilangkan biaya untuk mencari agen karcis parkir.

Langkah ini diklaim sejalan dengan keinginan pemerintah negara bagian untuk membuat Selangor menjadi Negara Cerdas.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Melalui SSP, pengguna dapat mengisi akun melalui aplikasi yang dapat digunakan untuk membayar biaya parkir yang ditentukan di otoritas lokal yang disebutkan di atas," katanya.

Fahmi menambahkan, untuk memudahkan pengisian saldo, pengguna dapat menambahkan kredit ke akun SSP mereka melalui sistem perbankan online yang sudah ada seperti Maybank2u, CIMB Clicks, Ambank Online dan e-wallet Boost.

Fahmi mencatat biaya parkir dengan SSP didasari pada tarif yang sudah ditetapkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.