Sukses

Tarikan RX King Melambat, Cek 5 Komponen Ini

Sedikitnya ada lima komponen yang membuat tarikan RX King melambat.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti sepeda motor pada umumnya, motor 2-tak seperti Yamaha RX King tentu tak lepas dari masalah teknis. Ada beberapa hal yang dapat menganggu performa motor ketika dipacu.

Salah satu masalah teknis yang kerap terjadi pada Yamaha RX King adalah tarikan RX King yang melambat.

Apa saja yang menyebabkan tarikan motor berkapasitas 135cc tersebut bisa melambat? Berikut beberapa penyebab yang menjadikan kondisi tarikan RX King lambat:

1. Oli mesin tidak diganti

Oli mesin berperan penting karena bertugas melumasi dan melindungi berbagai komponen mesin agar tidak aus. Penggantian oli mesin yang tidak teratur dapat menyebabkan jumlahnya tidak tercukupi dan kinerjanya tidak berjalan dengan baik.

"Kalau olinya kurang, motor jadi cepat panas dan performa tarikannya akan berkurang atau menjadi lambat. Kalau dibiarkan terus, mesinnya bisa bermasalah," kata Opik, pemilik bengkel Mustika Motor di Kramat Jati, saat dihubungi Liputan6.com.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Busi kotor

Busi juga menjadi salah satu komponen penting yang harus dicek. Kondisi busi yang kotor atau rusak dapat mengganggu jalannya pembakaran pada mesin.

"Ini yang membuat tarikan menjadi lambat dan tidak bekerja secara optimal. Jadi harus periksa percikan apinya buat mencegah penurunan performa," ujarnya.

3. Karburator bermasalah

Bila karburator kotor atau kemasukan air maka fungsi pembakaran juga akan bermasalah. Karburator bisa menjadi salah satu penyebab performa RX King berkurang.

4. Setelan rantai kurang pas

Selain mesin, rantai yang bermasalah maupun kurang pas dapat menyebabkan tarikan motor Yamaha RX King anda menjadi lambat dan cenderung berat. Ini bisa jadi karena rantai kendor atau usia pakainya cukup lama.

5. Filter mesin kotor

Kondisi filter yang kotor akan menyebabkan sumbatan pada filter sehingga udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran di mesin jadi susah masuk.

"Filter mesin harus dibersihkan biar tarikan motor jadi lebih ringan. Kalau kotor kan dia jadi tersumbat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.