Sukses

Suzuki Kembangkan Lampu Khusus Terowongan

Menyadari persaingan di industri sepeda motor semakin berat, Suzuki terus berbenah agar semakin tak tertinggal. Terbaru, mereka mengambangkan lampu khusus yang bisa menyala saat melewati terowongan.

Liputan6.com, Jakarta - Menyadari persaingan di industri sepeda motor semakin berat, Suzuki terus berbenah agar semakin tak tertinggal.

Belum lama ini pabrikan berlambang huruf 'S' itu mematenkan dua desain motor sejak awal tahun, yaitu GSX-R300 dan motor yang digadang-gadang akan menjadi penerus Suzuki Katana.

Terbaru, mereka kembali dikabarkan mematenkan desain baru, tapi bukan motor melainkan fitur keselamatan. Dilansir dari Motoplus.nl, Suzuki tengah mengembangkan lampu belakang khusus ketika memasuki terowongan.

Pasalnya, kerap terjadi kasus kecelakaan di dalam terowongan yang melibatkan mobil dan sepeda motor. Alasannya ialah mobil dan kendaraan lain tidak melihat sepeda motor di depannya karena lampu belakang yang terlalu kecil.

Pada desain tersebut, nampak Suzuki akan membuat stop-lamp yang bisa menembakkan cahaya ke langit-langit terowongan.

Sistem baru ini akan terpasang di bagian belakang motor dengan ukuran yang kecil sehingga tidak menghilangkan keindahan desain sepeda motor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sistem ini rencananya akan hadir dengan dua pilihan aktivasi, manual dan otomatis. Pada sistem manual, pengendara motor harus menekan tombol pada handle-bar untuk menyalakan lampu.

Sedangkan sistem otomatis akan membuat lampu langsung menyala ketika masuk ke terowongan.

Rencananya, akan terdapat sensor yang bisa mendeteksi ketika motor memasuki terowongan.

Sensor ini juga akan mendeteksi kendaraan lain di sekitarnya. Apabila motor masuk ke terowongan sendiran, maka lampu tidak akan menyala.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.