Sukses

Cetak Rekor, 130 Ribu Kendaraan Masuk ke Jakarta di H+3 Lebaran

Jasa Marga mencatat arus balik pada H+3 Lebaran tahun ini merupakan jumlah lalu lintas tertinggi yang dilayani. Sebanyak 130 ribu kendaraan masuk ke Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Pada H+3 Lebaran, Selasa (19/6/2018), Jasa Marga mencatat 130.125 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. Jumlah ini meningkat 82 persen dari volume lalu lintas harian normal yakni 71.398 kendaraan.

Angka ini merupakan jumlah lalu lintas tertinggi arah Jakarta yang pernah dilayani Jasa Marga melalui GT Cikarang Utama.

Jasa Marga mengoptimalkan kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama arah Jakarta dari yang sebelumnya mengoperasikan 29 gardu menjadi total 33 gardu yang keseluruhannya untuk melayani pengguna jalan ke arah Jakarta, dan penggunaan 15 mobile reader secara nonstop untuk mempercepat waktu transaksi.

Layanan arus balik ini tak lepas dari dukungan Kepolisian dalam rekayasa lalu lintas untuk meningkatkan kapasitas lajur dengan contra flow dan one way (satu arah) pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Sementara itu untuk akumulasi volume lalu lintas arus balik sejak H+1 hingga H+3 Lebaran adalah sejumlah 336.706 kendaraan. Jumlah ini naik sebesar 57 persen dari jumlah lalu lintas normal 214.195 kendaraan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk perjalanan arus balik yang lebih nyaman, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, mengecek kondisi lalu lintas melalui aplikasi JMCARe atau aplikasi monitoring lalu lintas lainnya, karena hingga saat ini masih ada 53 persen dari total pengguna jalan yang belum kembali ke Jakarta.

Total akumulasi lalu lintas yang telah kembali ke Jakarta hingga H+3 Lebaran adalah sebesar 47 persen dari seluruh total 720.245 kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah Timur melalui GT Cikarang Utama dari H-8 hingga H-1 Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini