Sukses

Ingat, Pastikan Rem Utama Mobil Anda Berfungsi dengan Baik

Sebelum melakukan perjalanan, baiknya Anda mengecek kondisi rem kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem rem adalah alat yang digunakan untuk memperlambat dan atau menghentikan laju kendaraan. Adanya rem pada kendaraan sangat penting untuk keselamatan pengendara.

Rem utama merupakan komponen keselamatan yang wajib tersedia pada setiap kendaraan bermotor.

Mengutip dari akun Instagram Kementerian Perhubungan, Selasa (19/6/2018), fungsi rem harus baik, yakni mampu bekerja pada semua roda sesuai besar beban pada masing-masing sumbu. Selain itu, rem utama ini harus terletak dekat pengemudi agar mudah dijangkau dan dipergunakan.

Ketentuan ini disampaikan melalui aturan PP Nomor 55 tahun 2012, pasal 20 tentang Kendaraan.

Karena itu, pastikan kondisi rem utama kendaraan kita benar-benar berfungsi dengan baik, demi menjaga keselamatan selama mengemudi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tak hanya rem utama, rem parkir juga harus Anda perhatikan. Rem parkir harus dilengkapi dengan pengunci yang bekerja secara mekanis atau sistem lain sesuai perkembangan teknologi.

Adapun letak posisi rem pada setiap kendaraan telah didesain sedemikian rupa sehingga sesuai standar yang berlaku. Itulah kenapa posisi rem parkir harus mudah dijangkau juga oleh pengemudi dan memiliki pengunci, baik rem yang bekerja dengan sistem mekanis maupun pada sistem otomatis. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.