Sukses

Rekor Dunia Unik yang Melibatkan Sepeda Motor (Bagian 2)

Tak sekedar rekor, catatan yang dilakukan mereka juga tergolong unik.

Liputan6.com, Jakarta - Rekor dunia dengan sepeda motor ternyata sudah banyak dipecahkan oleh sejumlah orang. Tak sekedar rekor, catatan yang dilakukan mereka juga tergolong unik.

Sebelumnya, Liputan6.com telah merangkum lima rekor dunia unik melibatkan sepeda motor di artikel ini.

Nah, kali ini kita akan melanjutkan rekor apa saja yang juga melibatkan sepeda motor.

Masih dilansir situs howstuffworks.com, beberapa unik tersebut antara lain.

1. Orang terbanyak naik sepeda motor

Satuan tentara India atau Army Service Corps (ASC) India, mencatatkan rekor dimana sebuah sepeda motor mampu mengangkut 58 orang.

Untuk memecahkan rekor dunia, motor yang digunakan berupa Royal Enfield bermesin 500 cc sejauh 1.200 meter di Air Force Station Yelahanka, 2017 lalu, yang

dipimpin langsung Mayor Bunny Sharma dan sepeda motor dikendarai Subedar Rampal Yadav.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Double backflip pertama

Aksi yang dilakukan Travis Pastrana memang sangat menegangkan. Bayangkan, dia selalu beraksi dengan sepeda motor yang sangat berbahaya.

Bahkan Pastrana sendiri dinobatkan sebagai orang pertama yang mampu melakukan double backflip. Hal ini dilakukan ketika di acara X-Games 2006 saat berkompetisi di kelas Moto X Freestyle.

 

3 dari 5 halaman

3. Motor tercepat di dunia

Motor-motor yang digunakan diajang MotoGP memang memiliki akselerasi dan kecepatan yang tangguh. Namun begitu mereka bukanlah yang tercepat di dunia.

Ya, motor tercepat adalah kepunyaan Top Oil-Ack Attack motorcycle. Bentuknya memang tak seperti sepeda motor pada umumnya. Namun begitu motor seperti bentuk sosis yang memanjang tersebut mampu melesa thingga 605,69 km/jam.

Catatan tersebut dilakukan sang rider Rocky Robinson, di Bonneville Salt Flats, Utah, Amerika Serikat pada 25 September 2010 silam.

 

 

4 dari 5 halaman

4. Mengendarai sepeda motor dengan cara berdiri

Pada umunya, berkendara sepeda motor sangat memerlukan kedua tangan untuk menarik gas dan kopling, serta kedua kaki untuk menginjak rem dan perpindahan gigi.

Namun hal itu berbeda dengan Kapten Abhayjit Mehlawat dari Angkatan Darat India. Pada 2013 dia jadi orang pertama yang mampu mengendarai sepeda motor hanya menggunakan kedua kaki sejauh 16 km.

5 dari 5 halaman

5. Naik motor dengan cara melepas tangan terjauh

Mirip dengan Kapten Abhayjait Mehlawat, seorang freestyler asal Italia bernama Marcello Sarandrea juga mencatatkan rekor unik berupa hands free terlama ketika naik sepeda motor.

Tak tanggung-tanggug, aksi Sarandrea ini disebutkan telah dilakukan di kota Roma, Italia yang kabarnya tak mudah mengendarai mobil apalagi sepeda motor dengan melepas tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.