Sukses

Benarkah Mercedes-Benz Limusin Kim Jong-un Mobil Selundupan?

PBB telah memberlakukan larangan impor barang mewah ke Korea Utara. Lalu bagaimana dengan Mercedes-Benz limusin yang dipakai Kim Jong-un?

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menjadi perbincangan lantaran pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Singapura. Selain tentang urusannya dengan Trump, kendaraan kedua pemimpin negara tersebut tak luput dari sorotan masyarakat. Seperti diketahui, Kim lebih memilih untuk menggunakan Mercedes-Benz berlapis baja saat melakukan kunjungan tersebut.

Dilansir dari Telegraph, Rabu (13/6/2018), Mercedes-Benz yang dipakai Kim, nyatanya bisa terbilang pelanggaran sanksi PBB. Pasalnya, sejak 2014 lalu, PBB memberlakukan larangan impor barang mewah ke Korea Utara. Ini adalah sanksi karena negara itu dituduh membangun instalasi nuklir secara tidak sah. Lalu bagaimana Kim Jong-un memiliki Mercedes-Benz S600 yang dipakainya untuk melakukan berbagai kunjungan negara?

Beberapa tahun lalu, limusin Mercedes-Benz berlapis baja tersebut terlihat di parade militer Korea Utara. Sebuah media Korea Utara memberitakan ada dua limusin baru yang ditampilkan dalam parade tersebut. Terlihat dari lampu utama dan grill depannya, itu merupakan Mercedes-Benz S-Class.

"Saya percaya ini adalah limusin lapis baja, Mercedes S600," kata Cedric Lacroix, seorang ahli di limousinesworld.com, perusahaan yang bergerak dalam bisnis limusin khusus.

S600 sendiri memiliki V12 (mesin) dan lebih mewah dari (pendahulunya) S550. Menurutnya, sebuah limusin lapis baja S600 baru dibanderol dari £ 350.000 hingga £ 1,2 juta atau setara Rp 22,4 miliar.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Di samping itu, perwakilan Mercedes-Benz menekankan bahwa perusahaan yang berbasis di Stuttgart tersebut tidak mengekspor kendaraan ke Korea Utara.

"Limusin itu terlihat lebih lama daripada mobil Mercedes-Benz Guard yang pernah saya lihat. S-Class telah menjadi mobil mewah terlaris di dunia selama bertahun-tahun dan kemungkinan mobil dan komponen telah dimodifikasi oleh perusahaan eksternal," kata Rob Halloway selaku Direktur Komunikasi di Mercedes-Benz UK.

Ekspor mobil-mobil itu merupakan pelanggaran sanksi oleh PBB, Uni Eropa, dan Amerika Serikat, yang semuanya secara khusus melarang kendaraan mewah dijual ke Korea Utara. Jika Kim memiliki Mercy mewah, maka kemungkinan besar limusin tersebut didapat melalui perantara di Cina atau Rusia.

Saat ini, Cina dan Rusia tidak memiliki daftar barang mewah, sehingga membuka jalan bagi perantara Korea Utara untuk membeli dan mengekspor barang mewah.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Limusin Kim Jong-un

Dalam kunjungannya ke Singapura, Kim melakukan perjalanannya dengan limusin Mercedes-Benz S600 Pullman Guard berlapis baja. Hanya sedikit yang diketahui tentang limusin Kim Jong-un, namun dilansir dari businessinsider, tampaknya mobil tersebut merupakan generasi W221, yang dijual pada 2008-2013, dan memiliki jok kulit putih.

Limusin S600 Pullman Guards bermesin V12 bi-turbo 5,5 liter ini memiliki tenaga 517 Tk. Mobil ini dilapisi dengan interior berlapis kulit mewah. S600 Pullman benar-benar besar, dan dipastikan ada modifikasi khusus yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Kim.

Jika Anda menginginkan sesuatu seperti limusin Kim, Anda bisa mendapatkannya di Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard. Generasi terbarunya diluncurkan pada akhir 2016.

Untuk diketahui, mobil yang sama yakni Mercedez-Benz S600 Pullman Guard juga menjadi tunggangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mercy S600 Pullman Guard bukan mobil mewah biasa, karena dibuat khusus untuk para pemimpin dunia dengan tingkat keamanan tinggi. Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dibuat dengan material tahan peluru berstandar Eropa B6/B7. Kemudian aman dari tembakan senjata ringan, granat tangan, serta peledak ringan lainnya.

Ban Mercy S600 Pullman Guard masih bisa melaju sejauh 60 km jika kempis atau bocor. Lalu ada sistem pemadam kebakaran otomatis, pengaturan udara, dan panic alarm system.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.