Sukses

Plus Minus Boks dan Tas Khusus Buat Mudik Naik Motor

Bagi Otolovers yang berencana mudik dengan menggunakan sepeda motor, boks dan tas khusus bisa menjadi aksesori menarik untuk menampung barang dan oleh-oleh

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Otolovers yang berencana mudik dengan menggunakan sepeda motor, boks dan tas khusus bisa menjadi aksesori menarik untuk menampung barang dan oleh-oleh bagi keluarga. Namun, dengan adanya dua pilihan tersebut, calon pembeli kerap bingung.

Sebenarnya, baik boks maupun tas, memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Box Motor

Salah satu aksesori yang terbilang cukup tren ialah boks motor. Biasanya, komponen ini digunakan oleh anggota komunitas motor untuk menampung barang bawaannya ketika touring atau sekedar pergi ke kantor maupun kampus.

Kelebihan dari boks motor ialah materialnya yang terbuat dari plastik keras. Hal ini membuat barang bawaan tetap kering meski harus diguyur hujan di tengah perjalanan.

Selain itu, boks motor biasanya dilengkapi dengan kunci sehingga lebih aman ketika ditinggal beristirahat.

Namun, kelebihan tersebut membuat harganya menjadi cenderung mahal. Apalagi untuk boks yang terbuat dari bahan aluminium atau biasa disebut pannier. Selain itu, Otolovers harus membeli dudukan atau bracket sebelum box bisa terpasang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Tas Motor

Tas pada motor sebenarnya terdiri dari berbagai macam. Tank bag merupakan tas yang ditempelkan pada tangki dan didesain untuk pengguna motor sport. Kemudian ada tail bag yang terletak di atas jok belakang dan side bag di samping body motor.

Harga tas motor terbilang lebih murah ketimbang boks. Selain itu, pemasangannya cukup mudah tanpa harus membeli part tambahan lain. Tank bag biasanya dilengkapi dengan magnet sehingga bisa melekat pada tangki depan motor sport.

Sedangkan tail bag dan side bag memiliki sistem pengikat khusus sehingga tidak akan mudah terjatuh di perjalanan.

Sayangnya, karena terbuat dari kain, tas tak terlalu aman untuk ditinggal di atas motor saat beristirahat. Tidak cuma itu, saat diguyur hujan, air bisa merembes ke bagian dalam. Namun, biasanya, tas motor sudah dilengkapi dengan rain cover khusus.

Selain itu, ada juga duffle bag yang berbentuk layaknya tas travel biasa namun terbuat dari bahan kedap air.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini