Sukses

Pergi dan Pulang Mudik, Kaki-Kaki Mobil Wajib Diperiksa

Permasalahan yang sering terjadi di kaki-kaki mobil, baik buatan Jepang atau Eropa, terdapat pada bagian karet.

Liputan6.com, Jakarta - Selama perjalanan mudik, baik berangkat maupun pulang pasti melewati berbagai kondisi jalan. Tidak hanya melewati ruas tol yang lurus dan mulus, tapi juga jalan rusak dan berlubang.

Jika sudah begitu, ada kemungkinan kaki-kaki mobil mengalami masalah. Dengan begitu, pastinya mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, bahkan berakibat fatal bagi keselamatan pengendara dan penumpang mobil.

Dijelaskan Wawan, dari Bengkel Lili, permasalahan yang sering terjadi di kaki-kaki mobil, baik buatan Jepang atau Eropa, terdapat pada bagian karet.

Namun, untuk mobil Eropa biasanya memang karena umur pemakaian, sedangkan mobil Jepang karena kualitas bahan yang kurang baik.

"Biasanya permasalahan pada karet bushing arm, bushing crossmember, busing lower arm, bushing rack steer yang sudah sistem elektrik dan bukan sistem pompa seperti mobil keluaran lama," jelas Wawan saat berbincang dengan Liputan6.com di bengkelnya di Jalan Haji Nawi Raya, No 43, Gandaria Utara, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Lanjut Lili, karena karet bushing memiliki letak yang tersembunyi, jadi sering diabaikan, dan tidak mendapatkan perawatan seperti komponen kaki-kaki mobil lainnya.

"Biasanya, tidak ada yang jual dalam bushing-nya (karet), dan di sini kita bisa bikin dengan garansi setahun," tambahnya.

Kerusakan kaki-kaki mobil, memang tidak sepenuhnya karena jalanan rusak atau berlubang. Karena saat ini, banyak mobil Jepang yang belum lima tahun sudah mengalami kerusakan.

"Kalau mobil Eropa, karena pemakaian beda dengan mobil Jepang saat ini," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.