Tiga Hal Ini Bikin Perjalanan Mudik Aman Terkendali

Oleh Yurike Budiman pada 10 Jun 2018, 12:11 WIB
Diperbarui 10 Jun 2018, 12:11 WIB
[Bintang] 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi
Perbesar
Supaya mudik dengan mobil pribadi berjalan aman dan nyaman, ini beberapa tips mudik yang wajib kamu ketahui. (Ilustrasi: (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah upaya untuk meminimalkan potensi kecelakaan saat mudik, telah dilakukan dan disosialisasikan pada masyarakat baik dari kepolisian ataupun dari kementerian kesehatan.

Menurut Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, ada tiga hal yang harus diperhatikan para pemudik agar bisa mudik dengan aman.

"Tips aman saat mengendarai kendaraan bermotor, yang pertama, tentu kondisi badan harus dalam keadaan prima, tidak boleh sakit, lelah, ngantuk dan sebagainya. Kalau capek, harus istirahat," kata Budiyanto saat dihubungi Liputan6.com.

Kedua, terkait kelaikan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

Tak hanya kesehatan si pengemudinya yang diperiksa, tapi kesehatan kendaraan juga perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Kendaraan dicek sebelum berangkat. Masalah teknis seperti oli, air radiator, rem, klakson, lampu utama dan lampu sen, segalanya periksa dulu," ujarnya.

Selain itu, hal ketiga yang harus dilakukan pemudik selama berkendara ialah siap untuk mematuhi peraturan yang ada selama perjalanan.

"Patuhi peraturan perundangan yang berlaku termasuk mematuhi perintah-perintah petugas dan rambu-rambu lalu lintas. Kalau tiga hal ini dilakukan, Inshaa Allah, aman terkendali," tutup Budiyanto.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by