Sukses

Mudik Lebaran Pakai Mobil Matik, Jangan Lupa Periksa Olinya

Bagi pemudik yang menggunakan mobil matik jangan lupa untuk melakukan pengecekan, terlebih periksa oli transmisi.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik lebaran dipastikan bakal menempuh perjalanan yang cukup jauh. Terlebih, dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat. Dengan begitu, menggunakan mobil matik untuk mudik lebaran, sepertinya pilihan yang tepat untuk menambah kenyamanan.

Dijelaskan Supriyadi, pemilik bengkel khusus mobil matik Auto Techno, bagi pemudik yang menggunakan mobil matik jangan lupa untuk melakukan pengecekan, terlebih periksa oli transmisi.

"Sebenarnya kekuatan mobil matik terdapat di oli transmisi. Jadi, perhatikan oli sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik," jelas pria yang akrab disapa Adi kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Lanjut pria yang bengkelnya beralamat di Jalan Raya Pulogebang, Nomor 21, Jakarta Timur ini, untuk penggantian oli juga lihat jenis transmisnya.

Jika CVT, gunakan oli khusus, dan untuk matik konvensional gunakan oli ATF atau automatic transmission fluid. "Jangan ketuker, bisa fatal kalau tertuker," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, perhatikan juga jenis transmisi apakah memiliki modul yang terendam dengan oli atau tidak. Jika modul terendam oli, maka dibutuhkan oli khusus.

"Selain oli, periksa juga TCM-nya (Transmission Control Module). Itu saja sih yang harus diperiksa sebelum mudik Lebaran," tegasnya.

Setelah semua komponen diperiksa dan diganti, jangan lupa periksa perpindahan gigi persneling. Jika perpindahan dari P, N, R, dan D masih normal maka mobil siap digunakan untuk mudik ke kampung halaman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.