Sukses

Plus Minus MPV atau SUV untuk Perjalanan Mudik

Di Indonesia, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) jadi pilihan konsumen. Namun seiring perubahan zaman, model Sport Utility Vehicle (SUV) juga tak kalah dilirik.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) jadi pilihan konsumen. Namun seiring perubahan zaman, model Sport Utility Vehicle (SUV) juga tak kalah dilirk.

Kendati demikian, kedua jenis mobil ini nyatanya cukup pas digunakan untuk mudik Lebaran.

Akan tetapi jika masa ada yang bingung pilih MPV atau SUV, kali ini disitat situs resmi mobil bekas Mobil88, untuk mudik Lebaran, harus disesuaikan juga dengan kebutuhannya.

Dan berikut ini adalah perbadingan dua jenis mobil antara MPV dan SUV, mana lebih cocok untuk mudik Lebaran:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

MPV

Tipe mobil ini umumnya bisa membawa hingga tujuh orang pennumpag, termasuk mengangkut barang-barang yang cukup banyak. 

Sedangkan ciri khas MPV, terlihat dari desain bagian atap tinggi, mudah dikendarai, layout interior fleksibel, konfigurasi bodi berukuran mid-size, dan sistem penggerak roda umumnya front wheel drive atau penggerak roda depan.

Tapi ada juga yang masih menggunakan rear wheel drive atau penggerak roda belakang.

Dimensi bodi MPV biasanya lebih tinggi, serta memiliki desain interiornya fleksibel, akses masuk atau keluar penumpang lebih mudah, jok mudah diatur sesuai kebutuhan.

Jok baris ketiga pada MPV umumnya bisa dilipat dan berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang bawaan.

Kesimpulannya, jenis mobil MPV cocok untuk orang yang mementingkan kapasitas mobil yang cukup luas untuk penumpang juga barang-barang bawaan.

Beberapa jenis mobil MPV Toyota Innova, Alphard, Biante, Honda Stream, atau Freed. Untuk kelas labih rendah ada Low MPV seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, hingga Wuling.

 

3 dari 3 halaman

SUV

Pada dasarnya, SUV merupakan mobil yang memiliki desain mampu melintasi trek offroad, dengan ground clearance yang tinggi dan disokong sistem penggerak roda 4 WD (Four Wheel Drive).

SUV juga memiliki sistem handling tangguh saat melintasi permukaan jalan berbatu atau yang tidak rata. Daya cengkram empat ban juga sistem penggerak 4 WD-nya membuat SUV tidak kecapekan saat harus melintasi tanjakan tajam.

SUV dibuat dengan chassis truk ringan, namun sudah disesuaikan sebagai kendaraan keluarga. Selain itu, SUV masa kini tak lagi dianggap boros bahan bakar lantaran bobot bodinya lebih ringan.

Dapat disimpulkan, mobil SUV sangat cocok digunakan untuk jalur mudik yang cukup menantang. Namun, beberapa mobil SUV daya tampung penumpangnya memang tidak sebanyak MPV. Meski demikian, mobil SUV memiliki kabin luas dan cukup untuk membawa bawaan ketika mudik.

Beberapa jenis mobil SUV yang ada saat ini seperti Fortuner, CR-V, dan Pajaro Sport, X-Trail, Trailblazer dan lainnya. SUV juga model lebih rendah yang dikenal dengan sebuta Low SUV, seperti Rush, Terios, BR-V dan lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.