Sukses

Wow, Ferrari Klasik Ini Bernilai Nyaris Rp 1 Triliun

Salah satu mobil Ferrari kembali menyabet gelar sebagai mobil termahal di dunia dengan harga nyaris dua kali lipat dari rekor sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu mobil Ferrari kembali menyabet gelar sebagai mobil termahal di dunia dengan harga nyaris dua kali lipat dari rekor sebelumnya.

Dilansir dari Top Gear, mobil itu ialah sportcar lawas namun legendaris dan kerap disebut sebagai cawan suci, Ferrari 250 GTO keluaran 1963. Harga jualnya terbilang fantastis, mencapai £52 juta atau sekitar Rp972 miliaran.

Salah satu yang menyebabkan harganya melambung tinggi adalah pendeknya waktu produksi. Ferrari 250 GTO merupakan mobil balap street-legal yang hanya diproduksi sebanyak 39 unit antara tahun 1962 hingga 1964. Dengan dapur pacu V12 bertenaga 300 Tk, kecepatan maksimal diklaim mencapai 174 mpj atau sekitar 280 kpj.

Ferrari 250 GTO yang baru laku ini pun kaya sejarah. Sebelumnya, produk pabrikan berlogo kuda jingkrak tersebut pernah berlaga dalam ajang balap ketahanan Le Mans dan finis di peringkat empat. Selain itu, mobil tersebut juga pernah beradu cepat di Eropa dan Afrika serta menjuarai reli Tour de France.

Menurut sumber yang sama, rekor sebelumnya juga dipegang oleh model yang sama, Ferrari 250 GTO, namun unit berbeda dengan harga £31 jutaan atau sekitar Rp763 miliaran. Kini, Ferrari 250 GTO yang melegenda itu menjadi milik CEO WeaterTech, David MacNeil, yang salah satu produknya ialah karpet mobil waterproof.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuma Satu di Dunia, Ferrari SP38

Ferrari selalu menampilkan desain yang mengundang decak kagum. Selain desain ciamik, performa produk pabrikan asal Italia ini selalu memuaskan.

Kesan eksklusif pabrikan berlogo kuda jingkrak itu nampaknya akan semakin kuat setelah mereka merilis Ferrari SP38. Pasalnya, sportscar ini hanya ada satu di dunia dan dibuat khusus untuk seorang konsumen spesial.

 

 

 

Mobil ini merupakan produk dari program One-Off Ferrari yang mencerminkan hasrat pemiliknya mengenai roda empat dan kecepatan. Tak tanggung-tanggung, SP38 ditangani langsung oleh tim khusus dari Ferrari Design Centre.

Dilansir dari The Australian, basis Ferrari SP38 diambil dari 488. Meski demikian, mobil itu mendapat cover body baru yang unik dan terinspirasi dari F40 serta dibalut dengan warna merah kebanggaan Ferrari.

Di sektor dapur pacu, karena mengambil basis 488, mesinnya berkapasitas 3.902cc dengan tenaga 661 Tk. Namun, konon pemiliknya adalah penggila kecepatan, bisa jadi mesin yang disematkan adalah varian tertinggi, yaitu 488 Pista bertenaga 710 Tk.

Sayangnya, pihak Ferrari belum menyampaikan informasi detail terkait spesifikasi mesin, pemilik dan harga SP38. Yang jelas, banderolnya jauh lebih mahal dari 488 GTB seharga US$470 juta atau sekitar Rp6,5 miliaran dan telah diserahkan pada pemiliknya di Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Italia.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.