Sukses

Mengintip Keasyikan Profesi Desainer Mobil

Pernah mendengar profesi desainer mobil? Ya, seperti namanya, desainer mobil adalah orang yang bertanggung jawab akan wujud mobil yang beredar di jalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mendengar profesi desainer mobil? Ya, seperti namanya, desainer mobil adalah orang yang bertanggung jawab akan wujud mobil yang beredar di jalanan.

Ternyata, pekerjaan ini perlu dipertimbangkan untuk dijalani. Bayangkan saja, kebutuhan pasar akan mobil tak pernah berhenti. Atau kalau mau, coba hitung ada berapa mobil yang diluncurkan dalam setahun.

Poin terpentingnya adalah, bahwa 70 persen dari harga jual mobil adalah biaya desain, sisanya adalah produksi. Ini sudah jelas, bahwa karya kreatif selalu memiliki nilai yang tinggi. Terbayang?

Tentu, sama halnya dengan para desainer lainnya, untuk menjadi desainer mobil pun kamu harus bisa menggambarkan ide-ide menarik sehingga melahirkan sebuah konsep desain mobil yang keren. Tapi, untuk menunjang itu semua, kamu perlu membekali diri dengan hal lain seperti dilansir Nissan Indonesia.

1. Kumpulan Pengalaman Tentang Mobil

Sebelumnya, sangat disarankan bagi kamu untuk memiliki passion dan keinginan tersendiri di bidang permobilan. Pahami satu per satu fitur pada mobil bekerja, bila perlu belajar di bengkel tentang detail-detail kecil dari mobil.

Kenali juga tren desain otomotif yang sedang berkembang. Pelajari inovasi-inovasi baru dalam bidang otomotif yang mungkin bisa dijadikan inspirasi dalam membangun mahakarya. Penting sekali untuk menguasai kemampuan dasar seperti menggambar sehingga ide bisa menjadi konsep yang baik.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kuliah Lagi di Jurusan Desain Otomotif

Gelar sarjana adalah persyaratan minimal yang harus dimiliki seseorang sebelum melamar sebagai desainer mobil. Jurusannya, Desain Otomotif. Alangkah lebih baik jika berkulian di Universitas yang memiliki hubungan dengan perusahaan otomotif. Sebab, peluang untuk bisa bergabung degnan perusahaan otomotif terkenal akan lebih besar.

Berkuliah di jurusan ini juga akan meningkatkan kemampuan dasar, khususnya di bidang desain mobil serta kendaraan jalan raya lainnya. Sealin itu, kamu juga akan belajar tentang matematika, computer-aided drafting (CAD) dan pembuatan model agar siap bergabung dengan industri otomotif. Dengan pengalaman serta kemampuan dasar ini, tentunya kamu sudah siap untuk bekerja sebagai desainer mobil.

3. Inspirasi dan Kreativitas

Dibutuhkan juga inspirasi kuat dalam membuat desain mobil yang baik dan sempurna. Carilah referensi dari berbagai jenis mobil dengan desain menarik.

4. Membuat Konsep Mobil sebagai Portofolio

Agar karir desainer semakin menjanjikan, sebelum melamar kerja, buatlah portofolio sebanyak mungkin mengenai karya-karya yang pernah kamu buat. Desain yang dibuat haruslah mencerminkan tipe serta gaya yang digunakan oleh perusahaan otomotif tujuan. Supaya memberikan gambaran bagi pemberi kerja bahwa kamu memang benar-benar memiliki kemampuan untuk memabngun desain mobil yang sempurna untuk perusahaan tersebut.

Gimana, sudah siap menjadi desainer mobil?

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.