Sukses

Mau Riding Nyaman, Kenali Karakteristik Rem Cakram Motor

Liputan6.com, Jakarta - Perlahan tapi pasti, rem cakram menjadi kelengkapan standar pada sepeda motor. Rem cakram begitu mudah dijumpai di Indonesia karena terpasang di berbagai jenis motor, mulai skutik entry-level hingga motor gede. Biasanya hanya terpasang di bagian depan, namun ada pula yang sudah mengadopsi rem cakram depan-belakang.

Pemilihan rem cakram tentunya bukanlah tanpa alasan. Komponen ini terbilang lebih baik dari generasi sebelumnya. Mengutip dari Drivespark.com, rem cakram lebih efisien untuk menahan laju motor atau lebih pakem. Supaya berkendara, Anda juga perlu mengenal karakteristik rem cakram.

Untuk meningkatkan kemampuannya, cukup memasang kaliper tambahan atau pun kampas rem yang lebih besar. Cara lainnya ialah dengan menggunakan part aftermarket yang memiliki kualitas lebih baik.

Selain itu, rem cakram juga tidak mudah panas. Hal itu disebabkan oleh posisinya yang terletak di luar pelek. Sedangkan rem tromol cepat panas karena berada di dalam pelek.

Pada rem tromol, kampas rem berada di dalam sehingga juga berpotensi merusak pelek. Gesekan kedua komponen tersebut sevara perlahan akan mengikis pelek. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Perawatan rem cakram pun terbilang mudah, hanya perlu membersihkan piringan dengan kain. Namun, beberapa bulan sekali, kampas dan piringan rem perlu diganti. Sedangkan rem tromol mengharuskan melepas ban untuk melakukan perawatan.

Kemudahan lainnya adalah setiap part rem cakram bisa diganti dalam waktu yang berbeda. Harganya pun terbilang murah ketimbang harus melakukan penggantian pelek yang habis terkikis kampas rem tromol.

Sumber : Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.