Sukses

Jangan Cuma Kendaraan, Kondisi Pengemudi Juga Perlu Dicek Sebelum Mudik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan tak hanya kondisi kendaraan yang baik dan siap tapi juga keadaan pengemudi itu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Lebaran, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti akan melakukan tradisi mudik ke kampung halaman.

Agar perjalanan mudik Anda aman dan lancar, baiknya Anda memeriksakan kondisi kendaraan. Tak hanya itu, pengemudi juga harus mempersiapkan kondisi badan atau fisiknya sendiri.

Seperti pada Twitter @kemenhub151, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, mempersembahkan sejumlah tips mudik bagi pengendara.

Persiapan kendaraan Anda. 

Periksa semua cairan kendaraan Anda, seperti oli mesin dan transmisi, minyak rem, power steering, serta air bersih untuk wiper.

Selain cairan, periksa juga kondisi rem, kopling, setir, ban dan karet wiper, kaca spion dan lampu, pastikan semua berfungsi dengan baik.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Periksa alat keselamatan.

Periksa sabuk pengaman, ban cadangan, segitiga pengamanan, dongkrak dan kunci roda serta beberapa alat obeng atau kunci tas.

Selain itu, persiapkan tempat dan alat pengikat untuk membawa barang-barang bawaan. Jangan sampai Anda membawa beban yang berlebihan selama perjalanan. 

Periksa semua dokumen.

Pastikan Anda tidak lupa untuk membawa SIM, STNK, dan juga memakai GPS agar bisa menggunakan jalur lain jika memang menemukan titik kemacetan di jalan tol.

Persiapan pengemudi.

Pengemudi ialah peran penting dari semua persiapan perjalanan mudik. Kondisi pengemudi haruslah tetap prima. Istirahat yang cukup sebelum mengemudi. Pastikan istirahat setiap 4 jam berkendara.

Sediakan air minum bagi pengemudi dan penumpang. Mengemudi dengan tenang dan tidak emosional. Patuhi rambu dan petunjuk jalan, waspadai kondisi jalan.

Jika mengantuk, harap berhenti. Jangan paksakan, usahakan rehat sejenak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.