Si Mungil Daihatsu Copen Masih Dijual, Bisa Kredit Kok

Oleh Herdi Muhardi pada 04 Jun 2018, 10:06 WIB
Diperbarui 04 Jun 2018, 10:06 WIB
Daihatsu Goda Pengunjung IIMS Dengan Sportcar Paling Mungil
Perbesar
Daihatsu Copen generasi kedua ini diperkenalkan pertama kali pada 19 Juni 2014 di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Copen, mobil dengan desain imut ini masuk dalam golongan mobil mahal dari merek Daihatsu. Namun selama kuartal pertama 2018, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Daihatsu Copen sama sekali tak terjual alias nol.

Menanggapi penjualan Daihatsu Copen, Rudy Ardiman, Corporate Planning Division Head ADM tak ambil pusing serta tidak menampiknya.

“Tapi saat ini Copen masih dijual. Cuma belum ada yang mau. Artinya masih bisa kami masukan (bawa ke Indonesia), masih terima (pesanan),” ungkap Rudy kepada wartawan di kawasan Sunter, Jakarta, akhir pekan lalu.

Lebih lanjut dia mengakui, untuk penjualan Copen memang tak seperti model Daihatsu lainnya, bahkan setahun tak menyentuh angka 100 unit.

Rudi sendiri menampik, jika Daihatsu Copen dijual sangat eksklusif untuk orang-orang tertentu. Sebaliknya Daihatsu Copen bisa dibeli siapa saja.

“Inden tiga bulanan (membeli Copen), karena dia made by order. Setahu saya bisa semua dealer Daihatsu bisa semua (terima order),” ucapnya.

2 dari 4 halaman

Bisa Dicicil

Daihatsu Copen
Perbesar
Dua model Daihatsu Copen sengaja ditampilkan di depan pabriknya di di Ikeda-Shi, Osaka, Jepang. (Herdi Muhardi)

Meski tergolong barang mewah untuk ukuran mobil Daihatsu, pembeli mobil ini, kata Rudi bisa melakukan pembayaran dengan cara kredit.

“Skema kredit yang tergantung dia (konsumen), dari leasing sih bisa-bisa saja,” tuturnya.

Namun sayang, Rudi tak menjelaskan secara detail untuk pembelian mobil yang dibanderol Rp 427,250 juta.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Daihatsu Copen

Daihatsu Copen Sedot Perhatian Bule di Ubud
Perbesar
Bukan karena jalan beriringan, rombongan Copen menarik perhatian lantaran mobil mungil ini melaju dengan atap terbuka.

Nah mau tahu bagaimana spesifikasinya? Berikut detail singkatnya:

Mobil yang satu ini mengusung desain mini sport, dengan ukuran dimensi 3.395 mm x 1.475 mm x 1.280 mm. serta memiliki bobot bersih 850 Kg dengan catatan mampu mempertahankan performanya maksimum untuk berat total 1040 Kg.

Menggunakan konsep D-Frame, sumbu roda depan dan belakang berjarak 2.230 mm dan ground clearance  115 mm serta radius putar minimum sebesar 4.6 meter.

Mobil ini telah dibenamkan mesin tiga silinder berkapasitas 658 cc, yang telah dilengkapi turbo intercooler, DOHC.

Mesin tersebut daya yang dihasilkan mencapai 64 Tenaga kuda pada 6.400 rpm dan torsi 9.4 kgm pada 3.200 rpm. Dengan daya ini, Daihatsu Copen diklaim mampu melesat dengan kecepatan 170 Km/jam.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓