Sukses

Mudik Lebaran, Jangan Lupa Siapkan Kendaraan dengan Cermat

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, sekitar 12,24 juta kendaraan pribadi akan digunakan sebagai kendaraan mudik tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang lebaran, tradisi mudik ke kampung halaman seperti sudah menjadi hal wajib bagi sebagian masyarakat di kota besar.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, sekitar 12,24 juta kendaraan pribadi akan digunakan sebagai kendaraan mudik tahun ini. Nah, agar mudik tetap nyaman, berikut tips mempersiapkan mudik lebaran agar perjalanan tetap nyaman dari Lazada:

1) Periksa kondisi kendaraan

Hal utama dan paling penting untuk dilakukan sebelum mudik, adalah memeriksa kondisi kendaraan. Lakukan pengecekan mobil atau motor ke bengkel terdekat.

Untuk mobil, usahakan untuk periksakan mesin, rem, oli, airbag dan roda. Sedangkan untuk motor, mesin, rem dan ban motor harus dipastikan dalam kondisi baik.

2) Gunakan oli mesin yang tepat

Saat melakukan mudik lebaran, perjalanan yang dilakukan pasti menempuh jarak yang cukup jauh. Jadi, salah satu bagian penting yang harus dicek sebelum perjalanan jauh, adalah oli mesin.

Memilih dan menggunakan oli mesin yang terbaik selama mudik, dapat memberikan perlindungan lebih terhadap kerusakan mesin, dan menghindari hal-hal yang tidak diingingkan saat melakukan perjalanan mudik dengan menempuh jarak yang jauh, dan dengan kondisi lalu lintas yang padat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3) Hindari membawa penumpang melebihi kapasitas

Untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, sebaiknya hindari mengangkut beban atau orang yang melebihi kapasitas dari kendaraan. Pada dasarnya, setiap kendaraan dirancang untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing.

Namun, jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpang. Contohnya, untuk mobil, jika kapasitas mobil hanya untuk 7-8 orang, maka sebaiknya jangan digunakan untuk mudik dengan mengangkut 10 orang. Hal ini berbahaya untuk keselamatan Anda, keluarga dan juga pengguna jalan lainnya.

4) Packing efektif

Berbagai kebutuhan pribadi dan keluarga juga perlu dipersiapkan dengan baik, agar perjalanan mudik menjadi menyenangkan. Selain memilih pakaian dengan bahan yang sesuai cuaca, jumlah pakaian yang dibawa juga agar diperhitungkan dengan baik, sehingga tidak berlebihan dan menyulitkan.

3 dari 4 halaman

selanjutnya

5) Aktifkan GPS atau bawa peta

Khusus bagi Anda yang tidak hafal jalan, atau tertarik untuk mencari jalan alternatif guna menghindari kemacetan, aktifkan GPS atau membawa peta.

6) Patuhi lalu lintas

Saat mudik lebaran, para pengemudi selalu berkeinginan untuk cepat sampai ke kampung halaman. Namun, perlu diingat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

Hal tersebut, agar selama perjalanan, Anda dan keluarga juga bisa selamat sampai tujuan.Tidak perlu ngebut atau selap-selip kiri dan kanan, apalagi terobos rambu lalu lintas, yang nantinya bisa berujung kecelakaan di jalan.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

7) Istirahat saat kelelahan

Perjalanan yang jauh dan macet akan membuat badan lelah. Jangan paksakan diri untuk terus menyetir jika Anda sudah kelelahan. Ambillah waktu untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat, misalnya di pom bensin terdekat atau tenda-tenda peristirahatan terdekat.

8) Utamakan keselamatan

Fakta umum di lapangan, kecelakaan yang terjadi selama masa mudik lebih disebabkan karena kelalaian pengendara. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, sebaiknya Anda mengutamakan keselamatan saat memutuskan akan mudik dengan kendaraan pribadi.

Ingat, tidak perlu egois saat berkendara di jalan, lakukan persiapan yang baik agar mudik tahun ini aman, nyaman, lancar dan selamat hingga tujuan Anda.

Sekadar informasi, untuk menunjang kenyaman mudik, Lazada menawarkan berbagai promo diskon menarik. Contohnya diskon untuk peralatan sepeda motor yang potongan harganya mencapai 70 persen.

"Semua produk yang diperlukan untuk menjamin kenyamanan Anda berkendara ketika mudik. Promo-promo menarik akan terus ada hingga Lebaran selesai," jelas Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia dalam keterangan resminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.