Nyetir Mobil Manual Itu Gampang Banget, Asalkan..

Oleh Liputan6.com pada 31 Mei 2018, 17:38 WIB
Diperbarui 31 Mei 2018, 17:38 WIB
Transmisi Manual Jadi Favorit Wanita di Masa Depan
Perbesar
Jumlah perempuan yang nyetir mobil bertransmisi manual bertambah.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi orang yang baru belajar nyetir, tentu mobil matik dianggap paling mudah ditaklukkan ketimbang versi manual. Pasalnya, mobil manual masih disibukkan dengan adanya pedal kopling serta pindah persneling.

Tapi sebenarnya, konsep berkendara semua jenis kendaraan sama. Yakni berkendaralah dengan baik dan waspada. Jangan sampai cara berkendaramu justru membahayakn diri sendiri dan orang lain.

Sehebat apapun kamu menyetir mobil jangan pernah mengendarai mobil dengan cara yang ugal-ugalan. Khusus untuk mobil manual butuh trik untuk bisa mengendarainya, seperti dikutip dari situs resmi Daihatsu.

1. Kenali Fitur Mobil.Pastikan kamu hafal beberapa elemen penting mobil seperti injakan rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena dapat membahayakan.

Hafalkan juga elemen lain seperti tombol lampu sign, bel dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kamu juga harus belajar mengenai posisi perpindahan gigi mobil atau persneling yang biasanya ada mulai dari angka 1 sampai 5 dan juga untuk posisi netral. Selain itu ada posisi R untuk posisi mundur.

2. Latihan di Tempat yang TepatBanyak berlatih bisa membuatmu semakin handal. Salah satu yang perlu diperhatikan saat berlatih adalah lokasi. Pilihlah lapangan yang cukup luas untuk belajar menyetir mobil. Dengan luas lahan yang cukup maka kamu dapat berkonsentrasi penuh menghafal bagaimana cara menyetir mobil manual.

Setelah kamu terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya, jalan umum, tetapi pilih jalanan yang sepi. Cara belajar mobil manual dengan cepat ini cukup efektif membantu kamu membiasakan diri menyetir mobil di jalan.

3. Harus KonsentrasiSaat belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran kamu lebih tenang, lebih relax dan konsentrasi penuh. Jika kamu masih agak gemetaran silahkan tunggu hingga perasaan kamu lebih santai.

4. Proses Penyalaan Mesin MobilIni juga bagian sangat penting, pastikan mobil dalam keadaan netral. Jika sudah silahkan mulai memutar kunci kontak untuk melakukan starter. Ketika mesin sudah nyala, lihat bagian dekat kaki ada 3 jenis pedal. Dari kiri disebut kopling, tengah rem, dan kanan gas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Selanjutnya

5. Seimbangkan Antara Kopling dan GasGear shift sudah pada posisi gigi 1, tapi mobil belum jalan? Tenang aja, itu karena kamu belum nginjek gasnya aja. Biar gampang, kita menganalogikan kopling dan gas itu seperti jungkat-jungkit.

Ketika gas akan di tekan, kamu harus angkat kopling kamu pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar. Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil tersendat.

6. Ulangi Langkah 5 untuk Menambah atau Menurunkan KecepatanIngat, setiap perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, kamu harus selalu menginjak kopling dan mengingat prinsip jungkat-jungkit yang pada poin 5 telah dijelaskan.

7. Jangan Lupa siaga Rem Ketika Gas Sudah StabilJika diras mobil terlalu cepat maka sebaiknya kamu melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau pelan-pelan.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya