Sukses

5 Fakta Menarik Seputar Rem Mobil

Salah satu faktor yang memengaruhi rasa percaya diri saat berkendara adalah rem. Komponen ini berperan untuk mengurangi kecepatan hingga menghentikan laju mobil. Jika rem tak berfungsi, potensi timbulnya kecelakaan semakin besar.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu faktor yang memengaruhi rasa percaya diri saat berkendara adalah rem. Komponen ini berperan untuk mengurangi kecepatan hingga menghentikan laju mobil. Jika rem tak berfungsi, potensi timbulnya kecelakaan semakin besar.

Ternyata, di balik fungsinya yang vital itu, rem menyimpan berbagai fakta menarik. Bahkan beberapa di antaranya jarang diketahui khalayak.

Berikut 5 fakta menarik tentang rem mobil berdasarkan Astrobrake.co.za:

1. ABS

Anti-lock brake system (ABS) adalah salah satu fitur keselamatan pada rem. Teknologi ini membuat kampas tidak akan mengunci sehingga mobil tidak mudah tergelincir. Ternyata, ABS pertama kali digunakan pada 1929 untuk pesawat. Barulah pada 1970 fitur ini diterapkan di mobil.

2. Hybrid

Rem pada mobil hybrid ternyata tak hanya berfungsi untuk menahan laju. Part ini juga bisa mengisi ulang daya baterai motor listrik. Setiap kali rem bekerja, daya yang masuk ke baterai pun semakin banyak.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Suhu

Pernahkah Anda terpikir suhu tertinggi piringan rem cakram saat bekerja? Rata-rata, suhu rem mencapai 350 derajat celcius hingga 750 derajat celcius ketika membawa muatan berat sembari melalui jalan menurun.

4. Rem tromol

Pendiri Renault Motors, Louis Renault, berperan besar dalam penemuan rem tromol di tahun 1902. Tak hanya rem tromol, perusahaan asal Prancis itu juga berpartisipasi dalam pengembangan beberapa teknologi mobil lain, seperti suspensi hidrolik, gearbox, dan turbocharger.

5. Rem terkuat

Salah satu material terkuat di dunia, silicon carbide, diracik dan kemudian dipasang pada McLaren P1. 

Sumber : Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.