Sukses

Mudik Lebaran Tetap Nyaman, Ini 4 Persiapan yang Harus Dilakukan

Menghadapi perjalanan yang jauh, lama, serta kondisi jalan yang padat, dibutuhkan persiapan yang matang.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik ke kampung halaman untuk merayakan mudik lebaran, sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Namun, dengan perjalanan yang jauh, waktu yang lama, serta kondisi jalan yang padat, dibutuhkan persiapan yang matang.

Berikut, Liputan6.com rangkum, empat persiapan sebelum mudik lebaran agar berjalan dengan lancar, yang dikutip dari pressroomtoyotaastra.com, Jumat (25/5/2018):

1) Kondisi kendaraan prima

Untuk memastikan kendaraan tetap prima dan memiliki daya tahan tinggi, diperlukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi. Pengecekan umumnya dilakukan meliputi sistem pengereman, sistem pendinginan mesin, sistem pengapian, serta air conditioner (AC) agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

2) Persiapkan peralatan darurat

Tidak hanya mempersiapkan kondisi kendaraan, perjalanan mudik bersama keluarga akan terasa aman jika tersedianya perlengkapan darurat di dalam kabin. Peralatan darurat merupakan perangkat yang wajib tersedia di dalam kendaraan.

Untuk itu, Toyota melengkapi seluruh jajaran produk kendaraan dengan kelengkapan peralatan darurat antara lain buku manual, toolkit, kunci ban, segitiga pengaman, dongkrak, kotak P3K, dan sekring.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3) Peta perjalanan

Untuk melengkapi perjalanan, peta merupakan hal yang wajib dibawa selama berkendara. Seiring berkembangnya teknologi, peta berkembang menjadi fitur global positioning system (GPS), sebagai opsional di kendaraan, smartphone, atau tersemat di dalam kendaraan.

GPS mampu memberikan informasi perjalanan terlengkap. Melalui hal tersebut, perangkat GPS kian dibutuhkan oleh konsumen. Toyota menghadirkan fitur (GPS) pada beberapa jajaran produknya seperti Alphard, Altis, Camry, Fortuner, dan Innova.

4) Kondisi tubuh

Mempersiapkan kondisi tubuh yang fit sepanjang perjalanan, khususnya bagi pengemudi. Untuk menjaga kondisi tetap prima saat berkendara, pengemudi disarankan untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan selama 4 jam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.