Sukses

Suspensi Udara Airbag Makin Diminati, Ini Alasannya

Seiring perkembangan, suspensi udara sendiri terbagi menjadi dua tipe yaitu tabung atau silinder dan air bag.

Liputan6.com, Jakarta - Suspensi udara kerap menjadi langganan bagi pencinta modifikasi. Tapi makin ke sini, suspensi jenis ini juga diminati pengendara yang mengutamakan fungsi.

Pasalnya, suspensi udara ini mengizinkan pengendara mengatur ketinggian kendaraan ketika membawa barang bawaan.

Seiring perkembangan, suspensi udara sendiri terbagi menjadi dua tipe yaitu tabung atau silinder dan airbag. Untuk tabung, suspensi udara jenis ini menggabungkan antara shock absorber dengan per, sedangkan airbag terpisah dan menggunakan komponen berupa balon yang dapat mengembang.

Menurut Yosef Bee selaku punggawa H2O Bodyworks, saat ini tren suspensi udara dengan jenis airbag lebih diminati ketimbang tabung.

"Sekarang model tabung sudah jarang dipakai. Model airbag lebih efisien. Sebetulnya lebih kepada mengikuti model kaki-kaki mobil pada saat ini,"

"Dulu tabung dibuat karena rata-rata mobil sedan, pada bagian suspensi belakangnya, shock dan per bersatu. Pada perkembangannya saat ini, suspensi belakang dibuat menjadi terpisah antara shock dan per," jelas Yosef kepada Otosia beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meski begitu, menurut Yosef dari segi pemasangan dan perawatan, suspensi udara jenis air bag terbilang lebih mudah. Hal tersebut turut membuatnya semakin populer.

"Model tabung itu lebih rigid. Selain itu penggunaan atau pemasangan tabung biasanya terkendala di ruangan pemasangannya apabila dibandingkan dengan airbag, agak sulit untuk fitment-nya," jelas Yosef.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini