Sukses

Harley-Davidson Pernah Buat Motor Mungil, Ini Wujudnya

Dikenal dengan motor besarnya, Harley-Davidson ternyata sempat membuat motor mungil.

Liputan6.com, Jakarta - Harley-Davidson terkenal dengan motor gede (moge) bermesin besar. Namun nyatanya, pabrikan asal Amerika Serikat itu sempat membuat motor mungil.

Motor ini diproduksi pada 1972 dengan mengusung nama Harley-Davidson MC-65. Karena menjadi line-up terkecil baik dimensi maupun mesin, mini-moto itu juga kerap disebut sebagi 'Shortster'.

Harley-Davidson Shortster merupakan hasil kolaborasi bersama perusahaan Italia, Aermacchi (AMF).

Mesin yang digunakan diambil dari Harley-Davidson M65S Sport Leggero yang diproduksi tahun 1967 sampai awal 1970-an karena Leggero juga dilahirkan bersama AMF.

Ukurannya yang kecil bukanlah tanpa alasan. Pihak Harley-Davidson menyasar anak-anak di Amerika Serikat dan Kanada dengan pertimbangan mereka juga akan membeli produk Harley-Davidson ketika telah dewasa.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dapur pacunya dibekali mesin 2-tak 1-silinder 65cc yang dijejali karburator Dell'Orto 18mm.

Selain itu, kaki-kakinya menggunakan suspensi depan teleskopik dan dual-shock di belakan. Sementara itu peleknya berukuran 10 inci dibalut ban semi trail 3.0 inci.

Pada tahun 1973, muncul produk dengan konsep serupa, namun memiliki mesin lebih besar, yaitu 90cc, bernama Harley-Davidson X90. Tak hanya mesin, perubahannya juga terjadi pada headlamp dan posisi knalpot.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.