Sukses

Perbedaan Toyota C-HR Lokal dengan Jepang

Di Indonesia, Toyota C-HR dipandang sebagai mobil mewah karena harganya yang tergolong mahal. Laporan pada awal Mei 2018, C-HR sudah terjual 115 unit dan itu sesuai target yang dipasang TAM.

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, Toyota C-HR dipandang sebagai mobil mewah karena harganya yang tergolong mahal. Laporan pada awal Mei 2018, C-HR sudah terjual 115 unit dan itu sesuai target yang dipasang TAM.

Berbeda dengan di Jepang, sudah menjual C-HR sejak tahun lalu dan dilaporkan penjualan 2017 mencapai 117.299 unit, menjadikannya SUV dengan penjualan terbaik 2017. Lalu apa saja perbedaan C-HR yang dijual lokal dengan yang ada di Jepang?

Perbedaan pertama antara C-HR lokal dan Jepang adalah mesin. Di Jepang, C-HR ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.8L hybrid dan 1.2L turbo. Varian dengan mesin hybrid lebih mahal harganya ketimbang mesin turbo. Mesin 1.2L turbo menghasilkan daya 115 PS dan torsi puncak 185 Nm serta diklaim punya konsumsi bahan bakar antara 15,4 - 16,4 km/liter. Varian hybrid lebih irit dengan klaim angka mencapai 30,2 km/liter. Sedang di Indonesia, saat ini hanya ada mesin 1.8L naturally aspirated tanpa ada opsi hybrid. Rumornya sih mesin 1.8L hybrid bakal segera menyusul tahun ini juga.

Yang membedakan lagi, antara C-HR lokal dan Jepang pada sistem penggerak roda. Pilihan mesin 1.2L turbo di Jepang bisa memilih opsi untuk penggerak dua roda atau empat roda. Sedang mesin 1.8L hybrid cuma ada penggerak dua roda depan. Oh ya, selain itu, tiap pilihan mesin C-HR di Jepang juga dibagi lagi dengan tipe varian yang menawarkan beda kelengkapan maupun trim.

Kemudian ada fitur. Ya, ada beberapa fitur yang berbeda antara Toyota C-HR lokal dengan yang dijual di Jepang. Paling mencolok fitur safety, C-HR di sana dibekali paket Toyota Safety Sense P standar. Itu sudah termasuk pre-collision safety, active cruise control, lane departure alert, autonomous emergency braking, forward collision warning dan automatic high beam. Sementara C-HR yang ada di Indonesia cuma punya blind spot monitor dan rear cross traffic alert sebagai fitur safety yang canggih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Perbedaan paling penting soal harga. Mengesampingkan pajak dan faktor pembuat mahal lain, harga C-HR yang dijual di Jepang lebih murah ketimbang di Indonesia. Harga Toyota C-HR hybrid tertinggi dibanderol 2.929.000 Yen atau kalau diubah ke IDR sekitar Rp 373,5 juta. Sementara harga C-HR paling murah sekitar Rp 290 jutaan untuk pilihan mesin 1.2L turbo.

Sumber : Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.