Mendeteksi Penyebab Mobil Bergetar Saat Mengerem

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2018, 20:42 WIB
Diperbarui 21 Mei 2018, 20:42 WIB
Kampas Rem Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Namanya barang yang pakai, pastinya sewaktu-waktu akan mengalami masalah. Sama seperti halnya mobil, terlebih lagi jika jarang dirawat secara berkala.

Salah satu problem yang mungkin terjadi adalah mobil terasa bergetar saat direm. Efek pertama yang muncul mungkin adalah rasa waswas karena rasanya sangat mengganggu.

Problemnya bisa jadi ada di perangkat rem pada mobil. Hal ini bisa terjadi pada kecepatan tertentu seperti dijelaskan Kepala Bengkel Tunas Toyota Bintaro Wilhelmus Kado.

"Biasanya bergetar pada saat direm, kecepatan 60 km/jam. Ini bisa terjadi pada mobil apa saja," ujarnya.

Getaran itu sendiri terjadi karena cakram rem yang sudah tidak rata. Penanganannya pun secara umum adalah dengan membawanya ke tukang bubut.

Di sana, ada sejumlah tahapan, yakni melepas roda, melepas perangkat rem, kemudian melepas cakram yang untuk selanjutnya akan diratakan menggunakan alat khusus.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun di bengkel Tunas Toyota Bintaro, Wilhelmus Kado mengatakan bahwa proses pengerjaan itu juga sudah tersedia dalam proses yang lebih simpel.

"Kami ada rematching, kalau orang dulu mungkin bawa bubut. Di sini tanpa bongkar alatnya, langsung digantung. Jadinya alat yang datang ke cakram," kata dia.

Dalam prosedurnya, layanan ini pun akan ditanyakan dulu kepada konsumen, terutama apakah mereka mengalami problem getar saat pengereman seperti dibahas di atas.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

New Peugeot SUV 3008 & 5008 Allure Plus - First Impression