Sukses

Sebelum Pakai Mobil Rental untuk Mudik, Cek Hal-Hal Berikut

Menggunakan mobil rental, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda berminat untuk menyewa mobil sewaan untuk perjalanan jauh seperti mudik, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati.

Selain kelengkapan data yang harus Anda penuhi, Anda wajib bertanya kepada pihak rental tentang kondisi mobil yang akan Anda pilih sebelum memutuskan lepas kunci karena nantinya Anda sendiri yang membawa armada tersebut.

"Sebaiknya H-3 minggu sudah mulai cari unit, kelengkapan data harus benar-benar diperhatikan. Sekarang kalau di Jakarta beda alamat tinggal dengan dokumen dia rata-rata ga di ACC," kata Olive Tamas Jozsef selaku Owner Sembodo Rent Car, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (18/5/2018).

Ia juga menyarankan agar calon konsumen bisa memilih mobil yang kilometernya masih rendah untuk dipakai mudik.

"Biasanya orang lebih sering memilih mobil baru yang keluaran 2016 atau 2017. Request yang kilometernya masih rendah," kata Olive.

Lalu terkait mobilnya sendiri, apa saja yang perlu diperhatikan?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bodi Mobil

Cek keseluruhan bodi mobil. Apabila ada yang baret atau penyok, laporkan agar pihak rental mobil mengetahuinya dan tidak bermasalah pada saat pengembalian. Pastikan semua aksesori yang melekat terpasang dengan baik.

2. Lampu Mobil

Periksa lampu mobil dengan cara menyalakannya, baik itu lampu depan, rem, sein dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya.

3 dari 5 halaman

3. Mesin

Nyalakan mesinnya dan dengar suara mesinnya, apakah berjalan dengan normal atau tidak. Pastikan mengecek minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin serta wiper terisi sesuai takarannya.

4. Ban

Pastikan bagian tapak dan kembang ban masih bagus, dan pastikan tekanan angin sesuai dengan anjuran pabrikan.

4 dari 5 halaman

5. Wiper Mobil

Wiper mobil harus berfungsi dengan sempurna, maka pastikan bagian karet wiper masih bagus dan mampu membersihkan dengan cepat.

6. AC

Pastikan perangkat AC mobil berfungsi dengan baik dan juga jangan lupa mengecek semua panel pada dashboard serta tombol pada kabin berfungsi normal atau tidak.

5 dari 5 halaman

7. Asuransi

Tanyakan mengenai asuransi mobil. Sebaiknya pilih jasa rental mobil yang sudah diasuransikan untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan atau kehilangan mobil.

8. Tes Berkendara

Agar lebih yakin, tes mobil sewaan yang Anda pilih agar bisa merasakan respon mobil baik setir, ban, dan suspensi. Apabila ada yang kurang meyakinkan, sebaiknya ditanyakan kepada pihak rental. Jika semua bagian sudah dicek, Anda juga akan merasa nyaman dalam menggunakannya untuk perjalanan mudik Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini