Sukses

Ingat, Posisi Duduk Anak di Mobil Ditentukan Usianya

Mengajak anak berkendara saat mudik merupakan momen yang menyenangkan. Hanya saja, terkadang keselamatan si anak terlupakan, seperti tidak memasangkan sabuk pengaman.

Liputan6.com, Jakarta - Mengajak anak berkendara saat mudik merupakan momen yang menyenangkan. Hanya saja, terkadang keselamatan si anak terlupakan, seperti tidak memasangkan sabuk pengaman.

Padahal memastikan anak duduk di posisi yang tepat dalam kendaraan akan meningkatkan keselamatannya. Khususnya apabila terjadi insiden yang tak diinginkan.

Menurut buku Tire Safety yang dirilis Bridgestone terdapat 3 tipe posisi anak di dalam kendaraan berdasarkan usia.

Untuk bayi berusia satu tahun ke bawah dengan tinggi mencapai 70 cm dan berat 10 kg, posisi yang tepat adalah menghadap belakang. Di mana dibutuhkan kursi keselamatan khusus bayi yang dihubungkan ke sistem pengaman ISOFIX.

Sedangkan untuk balita berusia 1 sampai 4 tahun dengan tinggi antara 65-100 cm dan berat 9-18 kg, dapat diposisikan menghadap depan sambil menggunakan child safety seat yang dihubungkan ke sistem pengaman ISOFIX.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Terakhir untuk anak berusia 4-10 tahun dengan tinggi mencapai 135 cm dan berat 15-36 kg, posisinya bisa menghadap depan sambil memakai sabuk pengaman biasa dan bantal tambahan.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.