Sukses

Daftar Mobil Antipeluru yang Sanggup Menahan Ledakan Bom

Mobil-mobil ini telah dilengkapi material baja, sehingga bodi dan juga kaca jendela kuat dari serangan peluru dan ledakan bom.

Liputan6.com, Jakarta - Teror bom yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur, membuat sejumlah wilayah kini bersiaga, tak terkecuali di Jakarta.

Meski tidak sampai menghancurkan gedung, namun aksi pelaku yang melakukan bom bunuh diri tersebut memakan korban jiwa dan merusak sejumlah barang yang di dekat ledakan.

Nah, bicara soal efek ledakan bom yang merusak apapun, di dunia otomotif sendiri ada beberapa model mobil yang cukup kuat menahan serangan peluru hingga ledakan bom.

Tentu saja, mobil-mobil ini dilengkapi dengan lapisan bodi yang memiliki material baja sangat kuat.

Tak heran sejumlah mobil antipeluru dan bom ini kerap digunakan sejumlah orang penting, mulai dari pemimpin negara, pejabat pemerintah, pengusaha, hingga selebritis papan atas.

Dan kali ini, Liputan6.com telah merangkum enam model mobil yang dianggap anti peluru atau ledakan, antara lain:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Dartz Prombon

Mobil yang satu ini salah satu yang terkuat. Selain tampang sangar, mobil buatan Rusia ini diklaim pada bagian bodi dilapisi baja anti peluru, dan juga kaca yang sangat kuat.

Salah satu edisi Dartz Prombron yang kini dianggap keren adalah Black Shark.  Meski buatan Rusia, namun pada dasarnya jantung pacu mobil tersebut telah dibenamkan mesin buatan General Motors, yaitu V8 twin turbo berkapasitas 5,5 liter dan V12 twin turbo dengan kapasitas 6,0 liter.

 

 

3 dari 7 halaman

Audi A8 L Security

Mobil yang satu ini awalnya lahir sejak 1994. Namun seiring berjalannya waktu, mobil tersebut dianggap tergolong aman lantaran dilapisi baja.

Sejumlah komponen dan fitur rahasia serta canggih dibenamkan, termasuk pintu keluar darurat, sistem pemadam kebakaran serta ventilasi udara darurat.

Mobil ini mengusung mesin biturbo V8 4,0 liter dengan tenaga 435 Tk dan torsi 599 Nm serta mesin W12 6,3 liter yang memiliki daya sekuat 500 Tk dan torsi 625 Nm.

 

4 dari 7 halaman

Mercedes-Benz Guard

Siapa yang tak kenal merek mobil asal Jerman yang satu ini. Sebab, Mercy dianggap mobil jenis premium yang juga melahirkan mobil dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Salah satunya adalah Maybach S600 Pullman Guard.

Tak hanya tampil mewah, Maybach S600 Pullman Guard didesain untuk melindungi pengemudi dan penumpang dengan proteksi kelas VR9, yang berarti dapat meredam ledakan kecil dan berbagai letusan senjata api.

Bodi Maybach S600 Pullman Guard dilengkapi dengan baja khusus yang diselipkan antara struktur mobil dan kulit luar. Mobil ini juga dilengkapi sirine, radio dua arah, aki darurat, dan speaker luar dengan kemewahan yang tidak perlu diragukan di dalamnya.

Untuk dapur pacu, Maybach S600 Pullman Guard mengusung mesin V12 6,0L yang menghasilkan tenaga sebesar 530 Tk di putaran 4.950 - 5.300 rpm dan torsi maksimum 830 Nm di 1.900 - 4.000 rpm.

Selain Maybach S600 Pullman Guard, Mercy juga punya M series Guard. Hanya saja model mobilnya bukan sedan atau limosin, melainkan SUV.

 

5 dari 7 halaman

Cadillac ‘The Beast2.0’

Mobil besutan General Motors ini tentu saja punya produk yang canggih, yaitu Cadillac Presidential Limousine atau dikenal dengan sebutan The Beast 2.0.

Mobil ini jadi kendaraan dinas yang digunakan Presiden Amerika Serikat, Donal Trump. Dengan bobot kosong 4,5 ton, mobil ini telah dilengkapi dengan sejumlah ornament mewah.

Disebut mobil mobil paling aman di dunia. Namun tak ada yang tahu secara detail spesifikasi mobil ini. Akan tetapi, beberapa aplikasi teknologi terbaru dibenamkan, termasuk bodi berlapis pelat baja setebal delapan inci dan kaca kuat anti dari serangan peluru tembakan, bom, atau api.

 

6 dari 7 halaman

Knight XV

Mobil ini memang jarang terdengar di telinga, namun yang pasti, mobil berbentuk bongsor buatan Kanada tersebut dikenal memiliki fitur tahan peluru serta granat.

Selain bongsor, desain mobil ini tergolong sangar sama seperti halnya Dartz Prombon dengan sudut-sudut mobil terlihat kokoh.

Disebutkan, Knight dilengkapi mesin 6,8 liter V10 yang mampu mengeluarkan daya  400 Tk dan torsi mencapai 675 Nm.

7 dari 7 halaman

BMW

BMW X5 dan Seri 7 Kedua mobil ini memang menawarkan fasilitas keamanan yang patut diperhitungnkan. Di Indonesia, mobil anti peluru ini dibagi menjadi dua, security dan security plus.

Perbedaannya mobil anti peluru ini terletak pada penambahan fitur dan seberapa sistem keamanan. Dan BMW engga membocorkan lebih jauh, karena hal itu tergantung pesanan konsumen.

Namun yang pasti, BMW menawarkan mobil dengan pilihan Security Plus diklaim dapat menahan serangan dari peluru senapan AK47.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.