Sukses

Tak Cuma Libas Avanza, Xpander Juga Acak-Acak Model Lain Toyota

Bahkan, mobil yang kini sudah merebut tahta Toyota Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia ini, juga memukul penjualan Toyota Rush.

Liputan6.com, Jakarta - Small MPV milik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander, tidak hanya memengaruhi penjualan model lain di kelas yang sama, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.

Bahkan, mobil yang kini sudah merebut takhta Toyota Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia ini, juga memukul penjualan Toyota Rush. Namun, bukan Toyota Rush generasi terbaru, tapi model lawas di pasar mobil bekas (mobkas).

"Kehadiran Mitsubishi Xpander ada pengaruhnya pasti. Khususnya, mobil-mobil seharga Rp 200 jutaan, seperti Toyota Rush atau Daihatsu Terios tahun muda," jelas Adji Yuwana Pratama, Marketing Section Head Mobil88, saat berbincang dengan wartawan di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Lanjut Adji, selain Toyota Rush dan juga Daihatsu Terios, model yang terkena dampak kehadiran Mitsubishi Xpander, adalah Toyota Innova tahun-tahun tua.

"Namun, untuk Toyota Innova tidak terlalu berpengaruh, karena konsumen masih banyak yang pilih Toyota Innova bekas," tambahnya.

Sementara itu, President Director Mobil88, Fischer Lumbantoruan menyebut, penurunan penjualan Toyota Rush akibat Mitsubishi Xpander memang tidak terlalu besar. Untuk persentasenya, plus-minus sekitar 10 persen.

"Untuk harga mobil bekasnya, pasti terkoreksi juga. Memang setiap varian berbeda-beda, sekitar lima persen," pungkas Fischer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Suzuki Ertiga Lebih Murah, Mitsubishi Status Waspada

Setelah menunggu dua minggu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya mengumumkan harga all new Suzuki Ertiga. Tipe terendah Ertiga (GA) dibanderol Rp 193 juta (GA) dan Rp 238,5 juta untuk tipe tertingginya (GX) ESP.

Mendengar hal tersebut, PT Mitsubishi Motor Krama SaIes Indonesia (MMKSI) menilai perlu mewaspadai tersebut. Pasalnya, Suzuki Ertiga masih memiliki harga yang lebih murah dibandingkan small MPV unggulannya yakni Xpander.

"Belum tahu saya (soal harga Ertiga). Intinya, setiap produk baru pasti kan perlu diwaspadai. Tapi kita juga harus percaya diri dengan produk sendiri," kata Head of Sales Marketing Group, Imam Choeru Cahya, di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, harga bukanlah satu-satunya faktor pertimbangan calon konsumen untuk membeli kendaraan.

"Sekarang ini konsumen lebih kritis dalam menentukan kendaraan yang akan digunakan. Jadi bukan masalah pertimbangan harga tapi pertimbangan dari sisi fitur, hal-hal lain juga dipertimbangkan," pungkasnya.

Seperti diketahui, harga Mitsubishi Xpander yang terakhir mengalami kenaikan sekitar Rp 3 juta. Dari laman resmi Mitsubishi, mulai Rp 194,1 juta (tipe GLX) menjadi sekitar Rp 197 jutaan. Sedangkan varian tertingginya yakni Ultimate dari Rp 250 jutaan jadi Rp 253 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini