Sukses

Jangan Salah Pilih Jaket, Apalagi Saat Touring

Salah satu perangkat berkendara yang wajib dikenakan saat naik motor adalah jaket.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perangkat berkendara yang wajib dikenakan saat naik motor adalah jaket.

Fungsinya, tidak lain menghalau terpaan angin yang datang dari depan agar tidak langsung masuk ke pori-pori tubuh, seperti di bagian dada, ataupun titik-titik lipatan tubuh. Sebab, di situlah suhu tubuh akan begitu berpengaruh.

Maka pemilihan jaket yang tepat perlu saat berkendara. Menurut Atenk, builder dari Katros Garage, jaket yang terlalu kedap terhadap udara juga tidak terlalu baik termasuk untuk jalan jauh dengan sepeda motor.

"Jaket juga yang jangan terlalu kedap udara. Jangan yang model-model parasit. Harus ada air flow-nya," ujarnya.

Jaket berbahan parasit yang menutup semua bagian badan kerap kali diperuntukkan untuk membangkitkan keringat pada saat berolahraga.

Jaket ini juga kerap dipakai mungkin saat berada di gunung dengan terpaan angin bersuhu sangat rendah dan demi menghindari hipotermia.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun untuk di sepeda motor, jaket ini malah membuat tubuh panas di dalam karena tidak adanya aliran udara yang masuk. Oleh karena itu, sebaiknya pilih jaket yang masih punya celah atau ventilasi.

"Suhu di dalam jaket panas, di luar dingin. Itu malah bisa jadi penyakit," kata dia.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.