Sukses

Mobil Listrik Masih Ada Kekurangannya, Apa Saja?

Meski ada kelebihan, saat ini mobil listrik masih dianggap memiliki kekurangan.

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya mobil listrik tentu saja jadi satu alasan agar kendaraan yang ada mulai saat ini hingga di masa yang akan datang lebih ramah lingkungan.

Dengan berbagai keunggulan dari kendaraan listrik hal ini pula telah dibahas artikel Cari Mobil Listrik, Ini Kelebihan-nya. Lihat disini.

Namun demikian, dilansir Conserve Energy Future, meski ada kelebihan, tapi saat ini mobil listrik masih dianggap memiliki kekurangan.

Hal ini pula yang membuat masyarakat mempertimbangkan lebih jauh mengapa tidak membeli mobil listrik. Berikut kekurangan mobil listrik hingga saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tempat Pengisian Bahan Bakar

Tentu saja kendaraan listrik tidak perlu isi bahan bakar minyak (BBM). Sebaliknya, mobil listrik dilengkapi beterai untuk menyimpan daya.

Nah, yang menjadi kendala saat ini stasiun tempat pengisian bahan bakar masih minim. Hal ini pula menimbulkan kekhawatiran bagaimana jika mobil kehabisan daya.

 

3 dari 6 halaman

2. Listrik Tidak Gratis

Tidak membeli BBM bukan berarti pemilik mobil langsung terbebas dari berbagai tagihan. Sebab, jika sudah memiliki mobil listrik maka Anda harus berinvestasi untuk memperbesar daya listrik rumah.

3. Jarak dan Kecepatan

Mobil listrik saat ini masih dibatasi oleh jarak tempuh dan kecepatannya. Sebagian besar mobil listrik yang saat ini ada, jangkauannya masih sekitar 160 km. Alhasil, mobil listrik saat ini masih kurang pas digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

4 dari 6 halaman

4. Waktu Pengisian Baterai Lama

Jika mobil konvensional hanya perlu mengisi BBM beberapa menit, bahkan kurang dari lima menit hingga tangki penuh. Namun hal itu tidak dengan mobil listrik, pengisian daya baterai bisa memakan waktu antara 4-6 jam hingga penuh.

5. Tak Ada Suara

Meski dianggap mengurangi polusi suara, namun sebagaian orang saat ini masih menyukai kendaraanya mengeluarkan suara baik itu dari mesin atau knalpot. Namun kabarnya, karena tak ada suara maka kasus yang banyak terjadi adalah tak ada suara menyebabkan kecelakaan.

5 dari 6 halaman

6. Dimensi Mobil Kecil

Kebanyakan mobil listrik yang saat ini tersedia dimensinya masih kecil. Oleh karena itu, mobil listrik dianggap belum pas jika digunakan untuk kelurga.

7. Baterai

Baterai mobil listrik saat ini ternyata harus rutin dilakukan penggantian setiap 3-10 tahun sekali. Tapi hal itu tergatung dari jenis dan penggantian baterai.

6 dari 6 halaman

8. Hanya Bisa Dimiliki di Daerah Tertentu

Tentu saja, mobil listrik saat ini bisa dinikmati di wilayah kota-kota besar, karena sistem kelistrikanya stabil. Sebab saat ini masih ada wilayah yang kondisi listriknya masih kurang stabil.

9. Mahal

Meski ramah lingkungan, namun pada kenyataanya masih ada sejumlah pemerintah di berbagai negara belum memberikan insentif untuk menurunkan pajak mobil lsitrik. Alhasil mobil listrik saat ini masih dianggap mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik