6 Cara Agar Aki Tak Cepat Soak

Oleh Herdi Muhardi pada 12 Mei 2018, 19:05 WIB
Diperbarui 12 Mei 2018, 19:05 WIB
Aki Mobil
Perbesar
Salah pasang kutub aki bisa berdampak negatif. (Herdi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Baik sepeda motor maupun mobil pasti memerlukan accu atau biasa disebut aki. Komponen yang satu ini tentu saja sangat dibutuhkan mengingat aki berperan sseperti baterai yang mampu menyuplai daya listrik ke komponen lainnya.

Sebaliknya, jika aki tak ada atau mati, maka hal ini akan menyulit menyalakan berbagai kompenen, mulai dari starter mobil, AC, lampu, sistem hiburan, dan lain-lainnya.

Karena itu jika aki mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil menjadi terganggu.

Perlu diketahui aki juga bisa mengalami masalah. Sekalipun mobil tidak pernah dipakai seperti pada umumnya, alias lebih banyak nongkrong di garasi.

Nah, karena itu, sebelum aki mengalami masalah, sebaiknya perhatikan cara merawat aki mobil agar tak cepat tekor atau soak sebagaimana dikutip dari situs resmi Nissan.


1. Perhatikan Beban Penggunaan Aki

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala.

Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel.

 

 


2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu tips termudah dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki.

Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

 

 


3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda?

Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak.

Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5-10 menit.

 

 


4.Pastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil Anda.

Saat Anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

 

 


5. Lepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.


6. Pilih Aki Kering Dengan Kualitas Terbaik

Pilihan aki kering dengan kualitas terbaik yang ada di pasaran. Untuk kenyamanan mengemudi ada baiknya agar selalu menggunakan aki kering dengan kualitas terbaik.

Salah memilih model aki atau memilih aki abal-abal hanya akan merusak komponen mobil yang lainnya. Hal ini dikarenakan aki mobil berhubungan erat dengan kelistrikan mobil.

Jika suplai listrik ke dalam komponen-komponen lain terganggu, bukan tidak mungkin komponen tersebut akan cepat rusak atau bermasalah.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya