Sukses

Brembo Siap Terapkan Teknologi Baru Sistem Pengereman

Baru-baru ini, pabrikan rem asal Italia, Brembo, memperkenalkan teknologi terbaru mereka, yaitu brake-by-wire alias rem elektronik.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi pada kendaraan tidak hanya terjadi pada sektor mesin maupun fitur-fitur lainnya. Pada sistem pengereman hal itu juga terjadi.

Baru-baru ini, pabrikan rem asal Italia, Brembo, memperkenalkan teknologi terbaru mereka, yaitu brake-by-wire alias rem elektronik. Sebenarnya, sistem ini telah digunakan di beberapa mobil high-performance, salah satunya ialah Honda NSX.

Dilansir dari Carscoops.com, penggunaan sistem brake-by-wire ini digunakan untuk menyesuaikan feeling dan respon rem sesuai dengan keinginan pengemudi dan pengaturan mobil. Karena itulah, permintaan pada teknologi ini terus meningkat.

Dalam sumber yang sama, Direktur Eksekutif Brembo untuk sistem pengereman, Giovanni Canavotto, meyakini bahwa brake-by-wire akan menjadi tren di masa depan. Pasalnya, sistem tersebut memberikan banyak kemudahan bagi pabrikan mobil dan penggunanya.

"Sistem brake-by-wire telah terpasang pada mobil Formula1 selama bertahun-tahun. Nantinya, rem ini dapat diubah sesuai keinginan pengemudi, menciptakan feeling yang empuk atau kaku, injakan pedal yang dangkal atau dalam. Itu tak berbeda dengan driving-mode untuk suspensi dan kemudi seperti sekarang," jelas Giovanni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ia pun menjelaskan bahwa produknya tak akan bergantung pada listrik utama mobil, bahkan tidak membutuhkan sistem 48 volt. Giovanni pun cukup yakin bahwa nantinya semua mobil akan dibekali dengan brake-by-wire meskipun perlahan.

Kini, pihaknya tengah melakukan pengembangan lebih lanjut mengenai sistem masa depan tersebut. Hal itu tentunya dilakukan untuk menciptakan feeling yang alami ketika menahan laju mobil.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini