Rem Elektronik akan Menjadi Tren di Masa Depan, Ini Alasannya

Oleh Liputan6.com pada 11 Mei 2018, 10:31 WIB
Diperbarui 11 Mei 2018, 10:31 WIB
Canggih, Kaliper Rem Bugatti Dicetak Pakai Printer 3D

Liputan6.com, Curno - Seperti halnya teknologi sistem penggerak pada mobil. Sistem pengereman juga mengalami perkembangan. Jika dulu rem hanya menggunakan sistem tromol, sekarang disc-brake sudah menjadi teknologi yang umum.

Baru-baru ini, pabrikan rem asal Italia, Brembo, memperkenalkan teknologi terbaru mereka, yaitu brake-by-wire alias rem elektronik. Sebenarnya, sistem ini telah digunakan di beberapa mobil high-performance, salah satunya ialah Honda NSX.

Dilansir dari Carscoops.com, penggunaan sistem brake-by-wire ini digunakan untuk menyesuaikan feeling dan respons rem sesuai dengan keinginan pengemudi dan pengaturan mobil. Karena itulah, permintaan pada teknologi ini terus meningkat.

Dalam sumber yang sama, Direktur Eksekutif Brembo untuk sistem pengereman, Giovanni Canavotto, meyakini bahwa brake-by-wire akan menjadi tren di masa depan. Pasalnya, sistem tersebut memberikan banyak kemudahan bagi pabrikan mobil dan penggunanya.

"Sistem brake-by-wire telah terpasang pada mobil Formula1 selama bertahun-tahun. Nantinya, rem ini dapat dubah sesuai keinginan pengemudi, menciptakan feeling yang empuk atau kaku, injakan pedal yang dangkal atau dalam. Itu tak berbeda dengan driving-mode untuk suspensi dan kemudi seperti sekarang," jelas Giovanni.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Ia pun menjelaskan bahwa produknya tak akan bergantung pada listrik utama mobil, bahkan tidak membutuhkan sistem 48 volt. Giovanni pun cukup yakin bahwa nantinya semua mobil akan dibekali dengan brake-by-wire meskipun perlahan.

Kini, pihaknya tengah melakukan pengembangan lebih lanjut mengenai sistem masa depan tersebut. Hal itu tentunya dilakukan untuk menciptakan feeling yang alami ketika menahan laju mobil.

Sumber : Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Mazda CX-30 | First Drive | Compact Crossover Rasa Sedan