Sukses

Begini Cara Pasang Busi yang Benar

Memasang busi memang terlihat mudah. Namun jika salah dalam pemasangan, bisa mengganggu kinerja busi.

Liputan6.com, Jakarta - Memasang busi memang terlihat mudah. Namun jika salah dalam pemasangan, bisa mengganggu kinerja busi. Maka dari itu, pemasangan busi harus hati-hati.

Adapun beberapa kerusakan yang dapat terjadi seperti ulir menjadi aus, metal shell pecah hingga insulator retak.

Kerusakan ulir sendiri terjadi akibat pemasangan busi dalam posisi miring. Hal ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan memasang busi terlebih dahulu menggunakan tangan. Ketika posisinya dirasakan sudah tepat, kunci busi dapat digunakan untuk mengencangkan.

Sedangkan kerusakan pada metal shell biasanya disebabkan pengaplikasian torsi pengencangan yang berlebihan.

Menurut tenaga penjual busi NGK di gelaran Yamaha Sunday Race 2018, Minggu (6/5), ukuran torsi pengencangan perlu disesuaikan dengan ukuran diameter dari ulir busi.

Selain itu, baru tidaknya busi ikut memengaruhi besaran torsi pengencangan yang diberikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Terakhir untuk kondisi insulator pecah biasanya disebabkan karena kunci pas busi tergelincir. Jika sudah begini, tidak ada cara lain selain mengganti busi baru.

Namun, untuk mengantisipasi terjadinya kondisi ini lagi, gunakan kunci pas tipe-hex yang yang tidak tergelincir saat melakukan pemasangan busi.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini