Sukses

Berbagai Jenis Motor Sport yang Wajib Anda Ketahui

Motor sport seakan-akan menjadi primadona di dunia roda dua. Selain terlihat kencang dan agresif, posisi riding cenderung merunduk.

Liputan6.com, Jakarta - Motor sport seakan-akan menjadi primadona di dunia roda dua. Selain terlihat kencang dan agresif, posisi riding cenderung merunduk.

Indonesia pun memiliki bermacam model motor sport, mulai dari Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15 di sektor entry-level, sampai BMW S1000RR.

Ternyata, motor sport memiliki berbagai versi karena berpadu dengan jenis lainnya. Dilansir Reddit.com, ini beberapa jenis motor sport yang beredar di pasaran:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pure-sport

Yang paling lazim ditemui ialah motor pure-sport. Posisi ridingnya relatif merunduk karena posisi kemudi clip-on yang rendah.

Selain itu, mesin yang disematkan memiliki performa mengerikan. Handling motor sport juga cenderung lincah.

Beberapa motor beraliran pure-sport ialah Kawasaki Ninja-series, Yamaha YZF-R1M, dan Ducati Panigale.

3 dari 5 halaman

2. Naked-sport

Bedanya dengan motor sport pada umumnya ialah jenis ini tidak memiliki fairing atau cover body bagian depan. Stangnya tersedia dalam dua model, yakni standar dan clip-on.

Mengenai dapur pacu, biasanya motor naked-sport memiliki mesin kembar dengan motor sport di kelas yang sama. Posisi ridingnya pun sedikit lebih naik ketimbang sport-fairing.

Motor jenis ini telah banyak beredar, di antaranya Honda CB150R, KTM Duke-series, dan Kawasaki Z-series.

4 dari 5 halaman

3. Sport-touring

Varian sport-touring menggabungkan performa gahar motor sport dan kenyamanan motor touring. Biasanya, motor jenis ini memiliki bobot yang berat untuk menjaganya tetap stabil.

Namun, karena dibuat untuk touring, tenaga mesin tentunya sedikit berkurang. Meski demikian, handling-nya pun dibuat selincah motor sport.

Beberapa motor sport-touring pun telah dipasarkan, seperti Kawasaki ZX1400R, Honda Gold Wing, dan BMW K1600GT

5 dari 5 halaman

4. Supermoto

Konsep supermoto terlahir dari dirt-bike yang dikawinkan dengan motor sport. Karena memiliki postur jangkung, maka bobotnya pun lebih ringan ketimbang pure-sport.

Selain itu, traksi dan suspensinya lebih baik dari dirtbike pada umumnya. Namun, mesin yang diusung tak segahar motor sport-fairing.

Beberapa motor supermoto yang beredar di pasaran ialah Yamaha XT660X, Ducati Hypermotard, dan Aprilia Dorsoduro.

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.