Sukses

Ternyata, Suku Cadang Datsun Cross Berbeda dengan GO+

Meskipun memiliki bentuk yang menyerupai Datsun GO+, ternyata Datsun Cross dibuat eksklusif. Datsun Cross memiliki suku cadang berbeda dengan GO+, terutama di sektor kaki-kaki dan pengendalian.

Liputan6.com, Yogyakarta - Meskipun memiliki bentuk yang menyerupai Datsun GO+, ternyata Datsun Cross dibuat eksklusif. Datsun Cross memiliki suku cadang berbeda dengan GO+, terutama di kaki-kaki dan pengendalian.

Kenapa kami tertarik mengupas suspensi? Karena selain transmisi XTronic CVT, Datsun Cross dengan mesin 1,2 liter tiga silinder punya ground clearance yang tinggi, dan ini mengundang pertanyaan soal stabilitas.

Dijelaskan Anton Khristianto, Manajer R&D Nissan Motor Indonesia, perbedaan signifikan di bagian suspensi keduanya. Ini demi mendukung status Datsun Cross sebagai mobil yang punya kemampuan menempuh medan yang lebih beragam.

Shock absorber, bushing, hingga geometri suspensi diubah agar mobil tetap stabil dan nyaman dikendarai. “Suspensi Cross berbeda karena mobil ini lebih tinggi dan komponen yang dipakai harus disesuaikan. Karena itu tidak bisa substitusi dengan Go+,” kata Anton.

Lebih detil lagi, shock absorber Datsun Cross punya kemampuan peredaman yang lebih kuat, untuk menjaga mobil tetap stabil di berbagai medan jalan. Meski saat melewati jalanan tidak rata, goncangannya lebih terasa. Geometri suspensi yang disempurnakan agar goncangan tidak terlalu mengganggu kenyamanan, sekaligus membuat Go Cross terasa meyakinkan saat berbelok.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Fitur lain yang membuat mobil ini terasa eksklusif, VDC (Vehicle Dynamic Control). Itu paket fitur bantu berkendara mulai dari ABS, Vehicle Stability Control dan brake assist. Yang merupakan standar paket fitur keselamatan baru yang diterapkan oleh Nissan-Datsun untuk semua produknya. Menurut Nissan, fitur ini membantu pengendalian Datsun Cross secara signifikan.

Tapi pernyataan itu masih harus dirasakan. Dan saat ini, kami berada di wilayah Yogyakarta untuk membuktikan sebaik apa pengendalian dan kenyamanan Datsun seharga Rp 172 jutaan ini. Terutama di kondisi sebenarnya, menghadapi tipikal jalanan Indonesia. Kami sedang melakukan pengujian di wilayah Yogyakarta, hasilnya segera kami laporkan. Tunggu saja. 

Penulis : Indra Alfarisy

Sumber : Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.