First Impression Toyota C-HR, Ini Plus dan Minusnya

Oleh Herdi Muhardi pada 04 Mei 2018, 20:03 WIB
Diperbarui 04 Mei 2018, 20:03 WIB
Toyota C-HR
Perbesar
Pengujian Toyota C-HR dilakukan sejumlah awak media di kawasan Ancol, Jakarta Utara. (Dok TAM)

Liputan6.com, Jakarta - All new Toyota C-HR resmi meluncur di Indonesia awal April 2018. Kali ini, PT Toyota Astra Motor mengajak sejumlah awak media untuk melakukan pengujian mobil yang masuk segmen crossover.

Pengujian kali ini tak dilakukan seperti pada umumnya, sebaliknya Toyota hanya mengajak para pewarta menjajal mobil tersebut di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Meski tergolong pendek untuk jalur pengujian, namun lokasi ini dianggap Toyota cukup mewakili jalanan, khususnya di Jakarta, yang notabenenya minim tanjakan dan turunan. Sebaliknya, lokasi Ancol yang memiliki jalur sempit dan jalanan berlubang juga dianggap cukup pas.

Nah, sebelum mengetahui bagaimana rasa atau performa ketika mengemudi mobil tersebut, ada baiknya sedikit mengulas bagaimana tampang Toyota C-HR.

Melihat mobil ini, kesan pertamanya memang campur aduk antara sporty, macho, elegan dan mewah. Hal ini karena  mobil ini diklaim berbeda dengan mobil Toyota pada umumnya.

Belum lagi salah satu yang membuat mobil ini jadi asyik dikendarai lantaran menggunakan platform TNGA atau (Toyota New Global Architecture). Hal ini pula mampu memberikan Toyota C-HR lima keunggulan tersendiri. Lihat di sini.

Toyota C-HR juga menawarkan pilihan nuansa satu warna dan dua warna. Untuk single tone, pilihannya Black Attitude, White Pearl, dan Metal Stream. Sedangkan untuk two tone, yaitu Red Mica Metallic + Black Roof dan Blue Metallic + Black Roof.

Soal warna ini menjadikan Toyota C-HR berbeda harga, untuk single tone Rp 488,5 juta dan two tone Rp 490 juta. Harga tersebut, berstatus on the road (OTR) Jakarta.

 

2 dari 6 halaman

Eksterior

Toyota C-HR
Perbesar
Toyota C-HR jadi salah satu line up terbaru PT Toyota Astra Motor sebagai agen tunggal pemegang merek mobil Toyota di Indonesia (Herdi/Liputan6.com)

Jika bicara soal eksterior, maka pertama yang paling menonjol adalah desain mobil ini memiliki garis-garis tegas dan berkarakter.

Dari segi eksterior, mobil ini mempunyai desain headlamp sipit dengan sistem pencahayaan menggabungkan lampu utama halogen proyektor dan LED daytime running lights (DRL), serta bagian fog lamp menggunakan Halogen. Desain bagian depan memiliki Grille with Diamond Design sehingga terlihat elegan.

Jika dilihat dari samping terkesan sporty, lantaran memiliki garis tegas dan aerodinamis. Penggunaan pelek silver berdiameter 17 inci juga menambah kesan kece pada mobil tersebut.

Bagian belakang mobil ini juga tak kalah menarik, dengan desain garis-garis ditambah model stoplamp halogen yang terlihat futuristik.

Yang membuat mobil ini terlihat minim, tak lain karena penggunan lampu utama jenis halogen. Coba saja jika menggunakan full LED mungkin akan memberikan kesan lebih mewah dan keren.

 

3 dari 6 halaman

Interior

Interior Toyota C-HR
Perbesar
Interior Toyota C-HR

Masuk ke dalam kabin, maka Anda akan disambut dengan kesan elegan berkat balur warna hitam hampir di segala sisi. Selain itu, bagian jok hingga dashboard juga telah dibalut dengan bahan kulit.

Sejumlah tombol pengaturan terletak di dashboard, mulai dari AC hingga system hiburan yang telah dilengkapi layar sentuh tujuh inci, dilengkapi dengan pengaturan Bluetooth, AUX, USB, FM/AM, CD, MP3, Mirrorlink / Miracast, Weblink.

Lalu AC dual zone dengan angka penunjuk suhu model digital. Selain itu ada juga teknologi lumbar yang tersimpan di kursi pengemudi yang dioperasikan secara elektrik, serta ada pula cruise control, G-Force indicator serta driving mode (ECO & SPORT).

Namun jika dengan harga yang ditawarkan saat ini seharusnya ada fitur lainnya yang cukup membuat konsumen puas.

Jika duduk dibangku penumpang belakang, untuk postur tubuh 170 cm akan tetap nyaman, bahkan bagian lutut tak perlu takut bersinggungan sehingga merasa sempit.

Hanya saja, untuk saya pribadi, bagian jok mobil ini terasa cukup keras. Akan tetapi, hal ini tidak terlalu memengaruhi soal kenyamanan. Sebab, saat dipacu, kabin terasa senyap sehingga tak terasa bising baik karena suara mesin atau aspal yang melontarkan bebatuan kerikil.

Sedangkan saat berada di kursi kemudi, maka Anda sendiri dapat merasakan kenyaman, karena tombol audio control dan lainnya telah disematkan di lingkar kemudi.

Untuk menyalakan mobil ini pun cukup menekan tombol start and stop. Alhasil Anda tak perlu menggunakan anak kunci.

Namun ada juga yang membuat ini kurang maksimal, yaitu kehadiran sunroof. Sebab, di mobil-mobil dengan harga tinggi, tak jarang para pabrikan memberikan sunroof agar mobil terkesan mewah.

 

 

4 dari 6 halaman

Performa

Mesin Toyota C-HR
Perbesar
Mesin Toyota C-HR. (Herdi Muhardi)

Setelah menyalakan mesin mobil, maka Anda dapat mengatur kenyamanan posisi setir dengan menggunakan fitur tilt dan telescopic. Hanya saja untuk mobil seharaga hampir setengah miliar ini, alangkah hebatnya seat adjuster dioperasikan secara electric, bukan manual.

Menariknya dari mobil ternyata lingkar kemudi sangat ringan. Menurut Gandhi Ahimsaputra, Head Of Product Knowledge PT TAM, jika dipacu cukup cepat, maka lingkar kemudi masih bisa menyesuaikan.

Demikian juga saat pedal gas diinjak, tarikan mesin mobil langsung merespons cepat. Belum lagi karakter transmisi CVT atau Continuously Variable Transmission yang cukup halus atau tanpa hentakan saat melakukan perpindahan gigi.

Jika saja mobil ini dilengkapi paddle shift tentu saja hal itu akan memberikan kesan lebih sporty.

Saat melaju di jalur slalom dan juga aspal berlubang, kabin mobil masih terasa nyaman, hal ini karena resep penggunaan suspensi depan MacPherson strut, dan belakang Double Wishbone.

Saat pengujian juga dilakukan simulasi munculnya mobil atau sepeda motor di area blind-spot, maka dari itu Toyota menggunakan fitur Rear Cross Traffic Alert (RTCA) untuk mendeteksi kendaraan atau objek lain di area blind-spot, berupa hadirnya indikator di bagian spion yang membuat spion menyala.

Perlu dicatat, Toyota C-HR ini telah dibenamkan mesin 1,8L 2ZR-FBE dengan teknologi Dual VVT-i yang mampu menyemburkan daya hingga 139 Tk pada 5.200 rpm dan torsi 170 Nm pada 4.000 rpm.

Namun sayang, karena pengujian ini sangat terbatas tempat dan waktu maka untuk menjajal akselerasi, fitur dan teknologi tidak bisa dilakukan secara penuh atau kurang maksimal.

Adapun untuk fitur-fitur lain yang ada pada Toyota C-HR antara lain fitur keselamatan (safety) seperti 7 SRS Airbags (D+P+S+CSA+D-Knee), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Toyota C-HR
Perbesar
Toyota C-HR. (TAM)

Kelebihan

- Desain tampak modern, elegan dan mewah

- Mobil memberikan kenyaman baik jadi pengemudi maupun penumpang

- Fitur keselamatan lengkap

- Tarikan awal mobil terasa responsif

Kekurangan

- Lampu utama masih halogen, bukan LED

- Tak ada fitur paddle shift dan sunroof

- Bagian jok terasa keras

- Harga yang ditawarkan dianggap terlalu kemahalan

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓