Sukses

Menguji Kemampuan Datsun Cross CVT di Gunung Kidul

Untuk menguji ketangguhan mobil crossover Datsun Cross, Datsun Indonesia melakukan media test drive di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Untuk menguji ketangguhan mobil crossover Datsun Cross, Datsun Indonesia melakukan media test drive di Yogyakarta.

Test drive pun didesain sedemikian rupa, agar para peserta dapat merasakan dan menikmati kenyamanan Datsun Cross di berbagai situasi berkendara, baik dalam kota maupun luar kota.

Sejumlah wartawan termasuk Merdeka.com mendapat kesempatan istimewa tersebut. Tantangan hari pertama, Datsun Cross menjajal terjalnya medan kawasan Gunung Kidul.

Dengan kekuatan mesin 1,2 liter, crossover yang dirilis awal tahun ini melintasi jalan menanjak dan berliku menuju Pantai Ngandong, Wonosari, Gunung Kidul.

Hana Maharani, Heaf Of Communications PT Nissan Motor Indonesia, mengatakan perjalanan ini untuk memperkenalkan Datsun Cross pada masyarakat di Yogyakarta. Selain itu, medan alam yang unik menjadi tantangan tersendiri bagi Datsun Cross.

"Karena gaya hidup konsumen sekarang beragam, maka kami coba kenalkan Datsun Cross yang cocok dikendarai di dalam kota dan luar kota. Maka itu, hari pertama kami pilih pantai Ngandong Gunung Kidul agar awak media bisa menjajal secara langsung ketangguhan mobil ini," ujar Hana di Yogyakarta, Rabu (2/5).

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dalam perjalanan selama kurang lebih dua jam itu, Datsun Cross mampu melewati tingginya tanjakan di kawasan Gunung Kidul. Selain itu, Xtronic Continuously Variable Transmission (CVT) yang disematkan pada model pengembangan Datsun Go+ ini membuat perjalanan semakin nyaman.

Namun, suspensi Datsun Cross ini tidak senyaman yang digaungkan. Kala melibas jalan bergelombang, suspensi terasa lebih keras, demi menjaga kestabilan mobil kala melaju dengan kencang.

Anton Khristanto, R&D Manager Nissan Motor Indonesia, mengungkapkan desain mobil ini disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia, sehingga cocok untuk perkotaan, tanjakan, belokan, hingga jalan tidak rata.

"Tak hanya itu, Datsun Cross juga dilengkapi dengan fitur vehicle dynamics control (VDC) atau fitur keselamatan saat keadaan darurat. Fitur lainnya, memiliki kabin yang senyap serta fitur transmisi otomatis CVT seperti mobil Nissan," jelas Anton.

 

 
3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Di hari pertama ini, peserta mengendarai Datsun Cross dalam perjalanan sekitar 70 km ke arah selatan Yogyakarta, menuju Pantai Ngandong. Di sepanjang jalan, peserta disuguhi pemandangan menarik dan berkesempatan mencicipi keandalan Datsun Cross melewati beragam situasi jalan.

Saat melewati daerah Wonosari yang banyak tikungan dengan kontur jalan yang meliuk-liuk dan berangin, transmisi Xtronic CVT yang diandalkan mobil berkapasitas 5+2 penumpang ini menunjukkan benefit-nya. Mulai akselerasi mulus, responsif, dan irit bahan bakar. Transmisi step-less ini memungkinkan peralihan gigi mulus di segala situasi.

Sementara rasio giginya yang lebar cocok sekali dengan situasi jalanan Indonesia sekaligus mampu menghemat bahan bakar karena bekerja pada RPM mesin yang paling efisien, bahkan di kecepatan tinggi. Transmisi CVT ini juga responsif, karena mengontrol transmisi untuk tetap di rasio terbaik berdasarkan posisi pedal gas pengemudi.

Kelebihan lain transmisi Xtronic CVT Datsun Cross dipadu sistem suspensi untuk menciptakan respons dan kestabilan tinggi. Peredam kejut juga dipasang di kedua sisi, sehingga membantu pengemudi dalam menjaga keseimbangan gerakan kendaraan. Penyetelan suspensi depan dan belakang yang seimbang menciptakan gerakan linear, membuat penumpang merasa nyaman bahkan ketika mobil melaju di jalan bergelombang.

 

 
4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Ketika menempuh jalan berbatu, ground clearance tinggi (200 mm) dengan roda berukuran 15 inci memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam menghadapi jalan kurang mulus di daerah pinggiran kota. Datsun Cross juga memiliki body cladding yang kokoh dan under body skid plates untuk melindungi mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh kerikil dan lumpur.

Dengan banyaknya tikungan tajam sepanjang perjalanan di luar kota, pengemudi diharapkan ekstra hati-hati kala berkendara, terutama mencegah kecelakaan dengan objek yang dapat muncul tiba-tiba, seperti alat angkut petani atau hewan ternak. Situasi ini membutuhkan fitur keselamatan yang mumpuni.

Namun, jangan khawatir karena Datsun Cross dilengkapi fitur keamanan berlimpah. Seperti sistem VDC yang terdiri dari traction control system (TCS), anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake-force distribution (EBD), dan brake-limited slip differential (B-LSD).

Jadi apabila terjadi oversteer, VDC langsung membantu meningkatkan stabilitas dengan melakukan pengereman pada kedua roda bagian luar di momen yang tepat. Jika kendaraan berbelok karena understeer, VDC membantu meningkatkan stabilitas dengan mengerem bagian dalam roda belakang.

Untuk perjalanan jauh, Datsun Cross memiliki kesenyapan kabin baik, menghasilkan nuansa nyaman dengan meredam noise, vibration, dan harshness (NVH). Kabin senyap menciptakan suasana berkendara yang nyaman. Bagian panel bodi pun diperkuat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan kendaraan.

 

Reporter : Fikri Faqih

Sumber : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.