Sukses

Rahasia agar Asap Motor 2-Tak Wangi dan Tak Perih di Mata

Ternyata penggunaan oli samping dan bahan bakar yang tepat bisa menimbulkan aroma wangi seperti oli mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Oli samping menjadi salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian khusus pada motor 2-tak. Tanpa oli samping, motor tidak dapat melakukan pembakaran secara sempurna.

Terkait oli samping, masih banyak yang beranggapan bahwa jika asap yang ditimbulkan motor 2-tak memiliki aroma yang wangi, maka sudah dipastikan pemilik motor tersebut menggunakan oli samping yang mahal.

Terlepas itu, ternyata penggunaan oli samping dengan bahan bakar yang tepat menimbulkan beberapa efek positif, salah satunya berpengaruh pada hidung dan mata pengendara lain.

“Kalau yang murah itu baunya sangit, di mata juga perih. Kalau yang mahal, wangi dan di mata gak perih,” kata Opik, pemilik bengkel Mustika Motor di Kramat Jati, Kamis (3/5/2018).

Menurutnya, oli samping yang mahal itu yakni Castrol 747, yang di pasaran di banderol sekitar Rp 500 ribu. Sedangkan ada juga Motul yang dijual seharga Rp 450 ribuan.

“Itu oli sama-sama buat balap tapi kebanyakan orang pakainya Castrol 747. Ya, bisa saja untuk RX King tapi kan enggak sesuai dengan kebutuhan ya. Kalau pakai tiap hari mahal di oli samping nanti,” kata Opik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun ada cara supaya motor 2-tak Anda bisa tercium wangi layaknya memakai oli samping yang mahal.

“Untuk menengah ke bawah, pakai oli Eneos harganya cuma Rp 40 ribu, tapi bahan bakarnya yang enak pakai Pertamax Turbo. Itu wanginya kecium, daripada Shell V-Power, terlalu tajam baunya,” jelas Opik.

Menurutnya, persamaan Pertamax Turbo dan Shell V-Power memang sama-sama memiliki oktan yang tinggi.

“Cuma kalau pakai V-Power itu lebih sangit baunya. Beda dengan Pertamax Turbo kalau dicampur ke oli jadi wangi,” ujarnya.

Tentunya selain menimbulkan aroma wangi dan tak perih ke mata, penggunaan oli samping dan bahan bakar yang sesuai dengan spek motornya akan sangat memengaruhi performa mesin.

“Pasti akan mendongkrak performa juga,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.