Mau Tahu Sejarah Motor-Motor Lawas Italia, Mampir ke Tempat Ini

Oleh Herdi Muhardi pada 03 Mei 2018, 20:00 WIB
Diperbarui 03 Mei 2018, 20:00 WIB
Moto Guzzi
Perbesar
Sejarah Moto Guzzi.

Liputan6.com, Jakarta- Moto Guzzi jadi salah satu merek sepeda motor yang hadir di pasar otomotif nasional di bawah payung PT Piaggio Indonesia selaku distributor. Nama Moto Guzzi sendiri memang sangat melegenda, karena brand sepeda motor ini hadir sejak 1921.

Nah, bicara soal Moto Guzzi, PT Piaggio Indonesia yang juga memasarkan skuter Vespa dan Piaggio, menggelar acara Moto Guzzi Garage, di Mall to Mall Exhibition, Pondok Indah Mall, yang dibuka sejak 30 April 2018 sampai Minggu, 6 Mei 2018 besok.

Acara ini dikemas dengan menampilkan sederet brand Moto Guzzi, yang menjelaskan sejarah dan perjalanan dari brand sepeda motor ini.

Menurut Marco Noto La Diega, President Director PT Piaggio Indonesia, pengunjung akan mendapatkan pengetahuan Moto Guzzi yang dikenal sejak 1921.

“Pengunjung dapat mengetahui lebih lanjut mengenai brand sepeda motor tertua di Eropa ini dan menguji pengetahuan yang mereka dapat lewat kuis berhadiah,” ucap Marco dalam keterangan tertulis, Kamis (3/5/2018).

Tak hanya itu, Marco juga menyatakan, pengunjung dapat langsung merasakan sensasi berkendara Moto Guzzi lewat test ride yang tersedia selama pameran ini.

"Kami sangat bangga akan Moto Guzzi, brand maskulin asal Italia yang telah ada sejak tahun 1921. Kami ingin membagikan semangat ini bagi lebih pencinta sepeda motor dan memperluas komunitas Moto Guzzi di Indonesia," kata dia.

Kata Marco, Moto Guzzi merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah motor Italia. Kesuksesan brand ini bermula pada 1921 ketika Moto Guzzi pertama kali membuka pabrik di Mandello del Lario, Italia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Sekilas Sejarah Moto Guzzi

Moto Guzzi
Perbesar
Moto Guzzi V9 Roamer dan Bobber Resmi Mengaspal

Moto Guzzi mulai berpartisipasi dalam kejuaraan balap Speed Race Championship dan memenangi sejumlah balapan di seri tersebut.

Pabrik Moto Guzzi berekspansi pada 1933 dan 1958, serta menghasilkan inovasi seperti varian bermesin dua silinder 500 cc di 1935 serta kemenangan di berbagai seri balap motor.

Dari tahun 1921 hingga 1964, Moto Guzzi memperoleh berbagai pencapaian, termasuk:

- 11 kemenangan di seri World Speed Championship

- 11 kemenangan di seri Tourist Trophy

- 14 kemenangan di seri World Championship

- 1 kemenangan di seri European Regularity Championship

- 50 kemenangan di seri Italian Championship

- 8 kemenangan di seri Regularity Championship

- 55 kemenangan di seri Foreign Championship

- 3423 kemenangan di berbagai sirkuit di seluruh dunia.

Sepanjang sejarahnya, ratusan varian telah dilahirkan oleh Moto Guzzi. Dimulai dari varian Normale pada 1921.

Motor ini didukung mesin silinder tunggal 500cc, varian ini memulai rekam jejak brilian dari Moto Guzzi G.T.V mendominasi era 40-an, Falcone di era 50-an, model ikonik Ottocilindri di akhir era 50-an, V7 Special dan V50 di era 70-an, hingga California dan Daytona di era 80-an.

Kini, ragam varian Moto Guzzi hadir untuk pasar Indonesia, antara lain:

- Moto Guzzi California Touring SE

- Moto Guzzi Audace

- Moto Guzzi V9 Roamer

- Moto Guzzi V9 Bobber

- Moto Guzzi V7 II Racerand

- Moto Guzzi V7 II Stone

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya