Sukses

Mengenali Kerusakan Mobil dari Warna Asap Knalpot

Asap yang dihasilkan dari knalpot mobil bisa menandakan beragam hal, salah satunya ada masalah yang sedang dialami kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Asap yang dihasilkan dari knalpot mobil bisa menandakan beragam hal, salah satunya ada masalah yang sedang dialami kendaraan.

Warna asap mobil ternyata bisa membantumu untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada mobilmu. Apa saja tandanya? Dikutip dari situs resmi Daihatsu, begini penjelasannya.

Asap Warna Putih

Ada dua jenis asap putih, putih dengan asap yang tipis dan lebih tebal. Tak perlu khawatir jika melihat asap putih tipis. Kondisi ini masih bisa dibilang normal, karena terjadi dari hasil penumpukan kotoran dalam aliran pembuangan atau knalpot.

Jika asap putih terlihat tebal dan pekat itu berarti terjadi masalah cukup besar pada mesin. Penyebabnya ada oli yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah signifikan. Ini terjadi karena kebocoran pada seal klep atau ring piston sudah parah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asap Warna Kebiruan

Jika yang keluar adalah asap warna kebiruan, tandanya ada sedikit oli yang terbakar di dalam mesin.

Penyebabnya kemungkinan ada masalah pada head gasket antara silinder head dengan blok mesin atau bisa disebut blown gasket. Penyebab lainnya adalah katup seal atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Penyebab lainnya, jika mobil dilengkapi turbo, asap ini menandakan bahwa blower dari turbo mobil harus diganti.

Asap Warna Abu-Abu

Asap warna ini menandakan katup Positive Crankcase Ventilation (PCV) macet. Penyebabnya mirip dengan asap warna biru, asap warna abu-abu juga disebabkan karena kinerja turbo yang buruk dan juga pembakaran oli yang bocor.

 

 

3 dari 3 halaman

Asap Warna Hitam

Asap knalpot hitam biasanya disebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna shingga ada sisa pembakaran keluar melalui knalpot. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM yang bisa lebih boros bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan kondisi normal dan dapat mengurangi performa mesin.

Apa pun warna asap yang keluar dari knalpot mobil, segeralah untuk melakukan pengecekan ke bengkel.

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.