Sukses

Mesin Baru All New Suzuki Ertiga Bisa untuk Model Lain?

Berbicara mesin, all new Suzuki Ertiga dipersenjatai jantung penggerak baru. Jika sebelumnya menggunakan unit berkode K14B, kini Suzuki Ertiga generasi kedua dibenamkan unit berkode K15B.

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menghadirkan LMPV barunya, all new Suzuki Ertiga. Model pesaing Mitsubishi Xpander ini, mendapatkan ubahan mulai dari eksterior, interior, dan mesin.

Berbicara mesin, all new Suzuki Ertiga dipersenjatai jantung penggerak baru. Jika sebelumnya menggunakan unit berkode K14B, kini Suzuki Ertiga generasi kedua dibenamkan unit berkode K15B.

Untuk sebelumnya, mesin K14B ini, selain digunakan di Suzuki Ertiga juga digunakan di Suzuki Swift. Lalu, apakah mesin baru ini juga bakal digunakan di model lain?

"Saya tidak bicara, apakah mesin ini nanti bakal dipakai di Suzuki Swift atau produk apa," jelas Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development and Accessor PT SIS, saat berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu.

Lanjut Yulius, jika melihat track record mesin Suzuki K14B, yang juga digunakan di model lain, tidak menutup kemungkinan mesin K15B juga dipakai di produk lain.

"Jadi, investasi mesin, merupakan investasi yang besar. Ini menjadi strategis buat Suzuki, pasti akan dipakai produk lain, tapi model apa kita lihat pengembangan Suzuki selanjutnya," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Mesin Suzuki Ertiga baru berkode K15B diklaim memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, serta tenaga dan torsi lebih besar ketimbang pendahulunya, yaitu K14B.

Selain itu, mesin baru berdimensi lebih kecil dibanding K14B. Dimensi tersebut mengizinkan ruang kabin menjadi lebih lapang, meskipun kapasitasnya lebih tinggi. Di samping itu, mesin berkapasitas 1.462 cc ini lebih senyap dan minim getaran. Dari mesin baru, keluaran tenaga maksimum 103,2 Tk di putaran 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.

Kesenyapan tersebut semakin diperkuat dengan penggunaan platform Heartech generasi terbaru. Frame tersegmentasi dari platform sebelumnya telah diganti dengan frame utuh yang meningkatkan kekakuan bodi bagian bawah. Hal inilah yang turut meminimalisir getaran dan kebisingan.

Tak hanya itu, kombinasi platform tersebut membuat all new Suzuki Ertiga memiliki bobot yang lebih ringan 6 kilogram dan bodi lebih panjang 130 mm.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.