Unik, Mobil Dinas Kim Jong-un Dilengkapi Toilet

Oleh Liputan6.com pada 30 Apr 2018, 10:13 WIB
Diperbarui 30 Apr 2018, 10:13 WIB
Mercedes-Benz
Perbesar
Mercedes-Benz S-Class (autocar)

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjadi topik pembicaraan yang paling hangat saat ini. Pasalnya, Kim Jong-un melangkahkan kakinya ke wilayah Korea Selatan, membuatnya menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korea Selatan sejak akhir perang Korea 1950-1953.

Terlepas dari hal tersebut, ternyata ada yang menarik dari kendaraan dinas Kim Jong-un . Mobil orang nomor satu di Korea Utara itu ialah Mercedes-Benz S-Class dengan segudang fitur.

Dilansir dari Carscoops.com, salah satu fitur yang menarik ialah toilet portable di dalam sedan tersebut. Sebenarnya, kabar ini sudah sempat dibicarakan pada 2015 silam.

Rumornya, hanya Kim Jong-un yang boleh menggunakan toilet di dalam mobil tersebut. Ia tidak memperbolehkan seorang pun buang air di toilet khusus dalam kendaraan mewah miliknya.

Sumber : Otosia.com

2 dari 3 halaman

Mengenal Mobil Dinas Terakhir Bung Karno di IIMS 2018

Mobil Dinas Terakhir Bung Karno
Perbesar
Mobil dinas terakhir Bung Karno (Arief/Liputan6.com)

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 resmi dibuka Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, 19 April 2018 lalu. Pameran yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, ini menampilkan banyak kendaraan baru dan canggih, serta ada mobil kuno. Salah satunya mobil bekas kendaraan dinas Sukarno.

Mobil itu adalah Cadillac Fleetwood 75 Limosine rakitan 1975.

 

 

"Kendaraan ini merupakan mobil dinas terakhir Bung Karno," jelas Samudra, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pemilik Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), saat berbincang dengan Liputan6.com, belum lama ini.

Dilihat dari kondisi mobil, mobil asal Amerika Serikat ini masih terlihat mulus. Dengan dimensinya yang besar, mobil kuno ini memang sangat cocok digunakan sebagai mobil dinas Sang Proklamator saat itu.

Namun sayang, mobil ini memang tidak bisa dilihat lebih dekat, karena area untuk memajang mobil Bung Karno ini diberi pembatas. Meskipun begitu, terlihat pintu mobil ini terbuka, jadi interior mobil ini bisa dilihat sedikit, yang menggunakan jok panjang di baris kedua.

Ukuran kabin mobil kuno ini cukup lapang, bahkan penumpang yang berada di dalam mobil seperti bisa meluruskan kakinya. Baris pengemudi, konfigurasi setir masih berada di sebelah kiri, dan berbeda dengan peraturan lalu lintas di Indonesia, dengan konfigurasi setir kanan.

Menurut informasi yang beredar, mobil ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup besar, yaitu V8 berkapasitas 6.700 cc dengan transmisi matik.

Mobil ini juga termasuk Presedential Series, sehingga tidak diproduksi untuk massal.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓