Sukses

Mau Test Drive Mobil Bekas, Lihat Pedoman Wajib Ini

Saat ingin mengeluarkan dana besar untuk membeli mobil, rasanya kurang pas jika tidak mencoba terlebih dahulu kendaraan impian tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ingin mengeluarkan dana besar untuk membeli mobil, rasanya kurang pas jika tidak mencoba terlebih dahulu kendaraan impian tersebut. Percobaan atau lebih dikenal dengan istilah test drive ini biasanya juga dilakukan untuk meyakinkan diri tentang seberapa hebat mobil itu. Atau, worth it atau nggak dengan harga yang ditawarkan.

Namun, saat melakukan test drive coba perhatikan hal-hal ini supaya hasilnya lebih maksimal.

Wajib lakukan :

1. Coba Semua Fitur

Pelajari semua pilihan fitur yang disematkan dalam mobil tersebut. Jika sudah punya mobil sebelumnya, coba bandingkan.

Cobalah untuk mendalami dan memahami spesifikasi penting seperti kapasitas mesin dan fitur keselamatan.

2. Inspeksi Interior Mobil

Setelah mempelajari fitur apa saja yang ada di mobil, cobalah untuk tes cara kerja fitur tersebut.

Mungkin bisa memulai dari buka dan tutup kaca jendela, nyalakan wiper dan lampu. Coba maju mundurkan kursi pengemudi dan penumpang, nyalakan radio dengan tes volume-nya, atau kalau perlu cobal semua fitur yang ada.

3. Pilihan Jalan

Cobalah berkendara melalui jalan-jalan yang berbeda, jangan hanya jalan yang di tengah kota. Misalnya, jalan dengan kecepatan angin yang tinggi atau jalan berkelok-kelok, naik-turun, kalau perlu jalan yang cukup terjal, dalam artian banyak polisi tidur.

Hal ini untuk mengecek bagaimana suspensi kendaraan bekerja, handling, dan kecepatan mobil.

4. Cek Gear

Berkendaralah dengan mencoba memindah-mindahkan gigi transmisi. Hal itu untuk memastikan bahwa gear kendaraan tak bermasalah dan nyaman untuk berkendara.

5. Coba Sistem Pengereman

Cobalah sistem ini di jalan lurus untuk merasakan sistem pengereman yang baik. Jika sistem bekerja dengan baik, maka saat direm tidak akan suara aneh yang terdengar.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Lakukan

1. Jangan Terburu-Buru

Test drive adalah momen untuk benar-benar memastikan kendaraan yang akan kamu beli sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Cobalah untuk memaksimalkan momen test drive.

2. Jangan Mengajak Seluruh Keluarga

Kebanyakan orang akan mengalihkan perhatianmu tentang mobil yang sedang kamu uji coba. Bawalah salah satu saja yang mungkin bisa kamu ajak diskusi tentang performa mobil.

3. Jangan Biarkan Penjual Mendiktemu

Kamu butuh ide kemana kamu akan membawa mobil untuk kamu uji coba. Jangan biarkan penjual memilihkan rute kemana kamu akan membawa mobil. Hal itu bisa membuat uji cobamu tidak maksimal.

4. Jangan Biarkan Penjual Mengalihkanmu

Cobalah untuk terus fokus dengan performa kendaraan yang kamu inginkan itu. Jangan biarkan penjual memengaruhimu.

Jika hal itu terjadi, bicaralah padanya dengan sopan untuk tak terus memengaruhimu.

5. Jangan Lupa Bertanya

Buatlah list pertanyaan kepada penjual sebelum melakukan test drive. Pertanyaan tentang apapun untuk bisa meyakinkanmu tentang performa mobil.

 

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.