Sukses

Begini Akibatnya kalau Motor Sering Lupa Servis Rutin

Bagi pengguna sepeda motor, servis rutin merupakan agenda wajib yang tak boleh terlewatkan. Tentu saja hal tersebut memiliki dasar yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pengguna sepeda motor, servis rutin merupakan agenda wajib yang tak boleh terlewatkan. Tentu saja hal tersebut memiliki dasar yang kuat.

Perawatan diperlukan untuk menjaga performa sepeda motor tetap baik. Setidaknya, untuk memperpanjang usia pakai kendaraan roda dua tersebut.

Menurut akun Instagram @kawasaki_jabar, banyak hal telah terjadi jika mengabaikan servis rutin. Semuanya menunjukkan ada penurunan kualitas.

Disebutkan bahwa beberapa komponen sudah tidak bekerja secara maksimal, seperti tuas kopling menjadi lebih ringan atau pun sebaliknya. Kampasnya pun mengeras karena kerap tergerus.

Volume oli mesin pun berkurang atau menjadi lebih encer dibanding sebelumnya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada performa motor. Selain itu, suara motor pun akan menjadi lebih kasar.

Bagian pengereman juga merasakan dampaknya lupa servis rutin. Karena kerap dipakai, kampas rem tentunya akan tergerus dan berkurang. Efeknya adalah laju motor tidak akan tertahan dengan baik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sisi cover body menjadi longgar karena getaran mesin yang terus menerus. Hal itu juga bisa disebabkan oleh kontur jalan yang tidak rata.

Bagian yang paling merasakan imbasnya ialah ban. Komponen tersebut akan menipis dan tekanan udara di dalamnya tentu berkurang. Akibatnya, putaran ban menjadi tidak stabil dan membuat konsumsi bahan bakar semakin besar.

Sumber : Otosia.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.