Modifikasi Datsun Cross Bergaya Rally Mejeng di IIMS 2018

Oleh Herdi Muhardi pada 25 Apr 2018, 10:16 WIB
Diperbarui 25 Apr 2018, 10:16 WIB
Datsun Cross bergaya rally
Perbesar
Datsun Cross bergaya rally (Herdi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Tak ada peluncuran di booth Datsun Indonesia selama perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Kendati begitu, Datsun Indonesia menampilkan sebuah Datsun Cross yang telah dimodifikasi ala mobil balapan rally.

Dari pantauan Liputan6.com, tampilan yang paling mencolok ini terlihat dari kombinasi tiga warna, seperti warna dasar putih yang kemudian dipadukan dengan warna biru dan merah.

Menurut Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani, desain mobil ini terinspirasi dari gaya hidup masyarakat Indonesia yang dinamis dan menjalani dua aktivitas bahkan lebih dalam keseharian.

“Orang-orang aktif tersebut membutuhkan mitra berkendara yang praktis yang bisa menempuh rutinitas dengan nyaman dan juga siap untuk diajak berpetualang," ujar Hana dalam keterangan tertulisnya.

Kesan sporty sehingga mirip mobil rally diperlihatkan pada penambahan komponen lampu depan dan sepatbor atau kepet di bagian roda.

Bagian lainnya yang dibuat berbeda berkat penggunaan pelek 15 inci dari Sparco dengan balutan cat putih. Selain itu, Datsun Cross dengan desain rally ini tak lain karena ground clearance 200 mm, sehingga tampilannya sangat mendukung.

Namun, untuk tampilan interior maupun jeroan dapur pacu, Datsun Cross ala rally ini tidak mengalami ubahan alias sama seperti pada umumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Menguji Kelihaian Datsun Cross di Sirkuit

Datsun Cross
Perbesar
Datsun Cross dilakukan uji coba di sirkuit Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018)

Sehari setelah pengiriman Datsun Cross ke sejumlah dealer, Datsun Indonesia yang bernaung di bawah payung PT Nissan Motor Indonesia mengajak sejumlah awak media termasuk Liputan6.com untuk melakukan sesi test drive mobil yang bergenre crossover tersebut.

Kali ini, pengujian Datsun Cross tidak dilakukan di jalan raya seperti pada umumnya. Namun, lokasi uji coba ini dilakukan di proving ground milik Bridgestone di Karawang, Jawa Barat.

 

 

Menurut President Director PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito, alasan pengujian di sirkuit markas Bridgestone, tak lain karena trek ini lebih dianggap menyerupai berbagai kondisi berkendara di Indonesia. Khususnya kontur jalan dan aspalnya.

“Silakan coba bagaimana rasanya,” ujar Koito kepada wartawan .

Seperti diketahui, lintasan sepanjang 1,9 kilometer ini memiliki jalur dengan berbagai kondisi berbeda, mulai dari jalan lurus, bergelombang, basah, trek beton, hingga tikungan.

Kecepatan yang bisa dilakukan juga sangat beragam. Bahkan minimal kecepatan hanya 60 km/jam di trek-trek tertentu.

Kali ini Liputan6.com akan membahas bagaimana rasanya menjajal Datsun Cross.

Baca selengkapnya di sini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya